LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
DI
BENGKEL FAMILY MOTOR
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat
mengikuti
UJIAN NASIONAL ( UN)
Disusun Oleh :
AAN HAMDANI 1303871
WASTORIS 1303947
Bidang Study Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Program Study Keahlian :
Teknik Otomotif
Paket Keahlian :
Teknik Sepeda Motor
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 06
Karangjunti
Kec. Losari Kab. Brebes
2015
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan di BENGKEL
FAMILY MOTOR telah disahkan pada
Hari : ………………………….
Tanggal : ………………………….
Oleh
Kaprodi
TSM
Pembimbing Sekolah
( Heri Abdulah, S.Pd ) ( A. Husin Tri W, ST )
Mengetahui,
Kepala
Ketua Panitia
SMK Islam Annur Losari Praktek
Kerja Lapangan
( Dra. Romlah, M.Pd )
( Widiono, SE )
MOTTO
1.
"Kemenangan yang seindah-indahnya
dan sesukar-sukarnya yang boleh direbut oleh manusia ialah menundukan diri
sendiri." (Ibu Kartini )
2.
"Pendidikan merupakan perlengkapan paling
baik untuk hari tua." (Aristoteles)
3.
"Hanya kebodohan yang meremehkan
pendidikan." (P.Syrus)
4.
"Ketergesahan dalam setiap usaha akan membawa
kegagalan." (Herodotus)
5.
"Kegagalan hanya terjadi bila kita
menyerah." (Lessing)
6.
"Kesopanan adalah pengaman yang
baik bagi keburukan lainnya." (Cherterfield)
7.
"Siapa yang kalah dengan senyum,
dialah pemenagnya." (A. Hubard)
8.
"Kebijakan dan kebajikan adalah
perisai terbaik." (Aspinal)
PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini
dipersembahkan kepada :
- Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari.
- Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
- Ayah dan ibu yang telah mendidik dan membesarkan kami.
- Adik-adik kelas kami.
- Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat kepada kami.
DAFTAR ISI
LEMBAR
JUDUL ........................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................ ii
MOTTO
.......................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN
.......................................................................................... iv
DAFTAR
ISI.................................................................................................... v
KATA
PENGANTAR ................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................... 1
1.2 Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL.................................................. 1
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL ................................................... 2
1.4 Metode Pengumpulan data ............................................................ 2
1.5 Sistematika Pembuatan Laporan PKL............................................ 3
BAB
II GAMBARAN UMUM DU/DI ......................................................... 4
2.1 Sejarah DU/DI................................................................................ 4
2.2
Kepegawaian ................................................................................. 4
2.3 Jenis Bidang Usaha........................................................................ 4
2.4
Struktur Organisasi ........................................................................ 5
2.5. Proses Kegiatan ............................................................................. 5
BAB
III PEMBAHASAN.............................................................................. 6
3.1 Pengertian Rem Tromol/Drum Brake.............................................. 6
3.2 Komponen – komponen Rem Tromol............................................. 7
3.3 Cara Kerja Rem Tromol ................................................................ 8
3.4 Cara Perawatan Rem Tromol Pada
Sepeda Motor.......................... 9
BAB
IV PENUTUP ...................................................................................... 11
4.1 Kesimpulan ................................................................................... 11
4.2 Saran ............................................................................................. 11
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 12
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kuasa-Nya. Sehingga dapat
menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Family Motor
Tujuan
dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu
syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN)
di SMK
Islam Annur Losari Tahun Pelajaran
2015/2016. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya
yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Family Motor
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,
oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Dra.
Romlah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari
2.
Heri
Abdulah, S.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Sepeda Motor SMK Islam Annur Losari
3.
A.Husin
Tri W,ST selaku guru Pembimbing Sekolah
4.
Widiono,
SE selaku Ketua Panitia Praktek Kerja lapangan
5.
Kedua orangtua dan saudara saya yang
telah mendukung dan memberikan doa restu.
6.
Bapak
Midi beserta karyawannya di Bengkel
Family Motor yang telah membantu kami demi kelancaran dalam melaksanakan
Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
7.
Pihak-pihak yang tidak dapat saya
sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang
berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Penulis menyadari bahwa penyusunan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran yang
membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang membuat
pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja
Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Islam Annur Losari.
Losari, Maret 2015
Penyusun,
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja
karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh
karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai
pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata
setelah lulus sekolah.
“Sesuai dengan hasil
pengamatan dan penelitian Direkorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola
penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang
sebagaimana diharapkan.” Hal
tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk
menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional
seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik
bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik
1.2 Maksud, Tujuan
dan Sasaran PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu sistem pembelajaran yang
dilakukan diluar Kegiatan Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada
perusahaan/industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ditujukan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi,
penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan
menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa
melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup
tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan
langsung dengan teknologi.
Dan mempersiapkan para siswa-siswi untuk belajar
bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan
keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan pada SMK bertujuan untuk :
1)
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2)
Memperkokoh Link and Match antara SMK dengan dunia
kerja.
3)
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL
Tujuan dari pembuatan
laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung
jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan
dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil
kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan.
Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara
lain adalah :
• Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan
• Sebagai pertanggung jawaban
atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
• Menambah perbendaharaan
perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
• Sebagai latihan bagi siswa
dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
• Sebagai bukti bahwa siswa
telah melakukan praktek yang telah di lakukan di DUDI (Dunia Usaha/Dunia
Industri).
• Sebagai syarat mengikuti UJIAN NASIONAL (UN). Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia usaha/industri
1.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam hal pengumpulan
data-data untuk penyusunan laporan
Praktek Kerja Lapangan ini dipergunakan metode sebagai berikut :
·
Wawancara yaitu dengan cara berdialog
langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pengalaman
yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas
·
Metode Pengajaran yaitu penulisan secara
langsung melaksanakan pekerjaan yang diberikan dan dipelajari tiap bagian
pekerjaan tersebut.
·
Kerja Sama yaitu cara dimana orang
saling memberikan masukan untuk kepentingan bersama.
·
Observasi yaitu memperhatikan karyawan dalam melaksanakan
tugas atau pekerjaan.Berdasarkan metode yang penulis lakukan, sehingga dapat
lebih optimal dalam penyampaian laporan tersebut.
1.5 Sistematika Penulisan Laporan PKL
Penulisan Laporan Praktek
Kerja Lapangan terdiri atas 4 (empat) bab dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas Latar
Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ), Tujuan Praktek Kerja Lapangan, Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika
Penulisan Laporan PKL.
BAB II : GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN
Pada Bab ini membahas
Gambaran Umum Bengkel Family
Motor dari Kebijakan Perusahaan
(Lokasi, Sejarah, Produk Kami, dan Karyawan), Kepegawaian Bengkel Family Motor , dan Jenis Bidang Usaha.
BAB III : PEMBAHASAN
Pada Bab ini membahas
pengertian Rem Drum Brake/Rem
Tromol, Komponen – komponen, Cara kerja rem tromol serta perawatan rem tromol.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini akan membahas
Kesimpulan dan Saran saat melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ).
BAB II
PROSES DAN KEGIATAN BELAJAR DI DU/DI
2.1 Sejarah DU/DI
Bengkel
Family Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
otomotif seperti pelayanan service sepeda motor, penjualan suku cadang sepeda
motor yang selalu memberikan pelayanan yang prima terhadap pelangganya. Bengkel Family Motor berdiri pada tanggal 21 Februari tahun 2004 oleh Bapak Midi, Bengkel Family Motor berlokasi di Desa Karangjunti Kecamatan Losari
Kabupaten Brebes, berdekatan dengan SMK Islam Annur Losari.
2.2 Kepegawaian
Karyawan di Bengkel Family Motor terdiri dari 2 orang laki-laki. Pelaksanaan kerja di Bengkel Family Motor tidak tetap pada satu
bagian, tetapi sesuai dengan intruksi dari leader proses.
2.3 Jenis Bidang Usaha
Bengkel
Family Motor adalah sebuah perusahaan
yang bergerak dibidang Jasa untuk memperbaiki kendaraan bermotor, baik
matic, bebek, serta menjual acessoris dan spare part sepeda motor.
2.4. Struktur Organisasi
|
|
2.5 Proses
Kegiatan
Selama melaksanakan PKL di Bengkel Family Motor kami melakukan kegitan Service Tune-Up, ganti
oli, ganti battery/accu, ganti bohlam, ganti ban serta melakukan service lainya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1
Pengertian Rem Tromol
/ Drum Brake
Rem tromol merupakan sistem rem yang
telah menjadi metode pengereman standar yang digunakan sepeda motor
kapasitas kecil pada beberapa tahun belakangan ini. Alasannya adalah
karena rem tromol sederhana dan murah. Konstruksi rem tromol umumnya
terdiri dari komponen-komponen seperti: sepatu rem (brake shoe), tromol
(drum), pegas pengembali (return springs), tuas penggerak (lever), dudukan
rem tromol (backplate), dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol
pada umumnya secara mekanik yang terdiri dari; pedal rem (brake pedal) dan
batang (rod) penggerak.
Pada saat kabel atau batang penghubung (tidak ditarik),
sepatu rem dan tromol tidak saling kontak. Tromol rem berputar bebas
mengikuti putaran roda.Tetapi saat kabel rem atau batang penghubung
ditarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada sepatu rem sehingga
sepatu rem menjadi mengembang dan kanvas rem (pirodo)nya
bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat ditahan atau
dihentikan, dan ini juga berarti menahan atau menghentikan putaran roda.
Rem tromol
terbuat dari besi tuang dan digabung dengan hub saat rem digunakan sehingga panas gesekan akan timbul
dan gaya gesek dari brake lining dikurangi. Drum brake mempunyai sepatu
rem (dengan lining) yang berputar berlawanan dengan putaran drum (wheel
hub) untuk mengerem roda dengan gesekan. Pada sistem ini terjadi
gesekangesekan sepatu rem dengan tromol yang akan memberikan hasil
energi panas sehingga bisa menghentikan putaran tromol tersebut. Rem jenis tromol disebut
“internal expansion lining brake”. Permukaan luar dari hub tersedia dengan
sirip-sirip pendingin yang terbuat dari aluminium–alloy (paduan aluminium)
yang mempunyai daya penyalur panas yang sangat baik. Bagian dalam tromol
akan tetap terjaga bebas dari air dan debu kerena tromol mempunyai alur
untuk menahan air dan debu yang masuk dengan cara mengalirkannya lewat
alur dan keluar dari lubang aliran.
Berdasarkan cara pengoperasian sepatu rem, sistem rem tipe tromol pada
sepeda motordiklasifikaskan menjadi dua, yaitu:
1)
Tipe Single Leading Shoe
Rem tromol tipe single leading shoe merupakan rem
paling sederhana yang hanya mempunyai sebuah cam/nok penggerak untuk menggerakkan
dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya dipasang pivot pin
(pasak) sebagai titik tumpuan sepatu rem.
2)
Tipe Two Leading Shoe
Rem tromol tipe two leading shoe dapat menghasilkan
gaya pengereman kira-kira satu setengah kali single leading shoe.
Terutama digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini digantikan oleh
disk brake (rem cakram). Rem tipe ini mempunyai dua cam/nok
dan ditempatkan di masing-masing ujung dari leading shoe dan trailing
shoe.
Cam tersebut bergerak secara bersamaan ketika rem digunakan
melalui batang penghubung yang bisa distel. Setiap sepatu rem mempunyai
titik tumpuan tersendiri pivot) untuk menggerakkan cam.
3.2
Komponen-komponen
Rem Tromol
Rem tromol memiliki beberapa
komponen yang membantu proses terjadinya pengereman. Berikut ini saya jelaskan
komponen-komponen yang terdapat pada rem tromol dan juga fungsinya.
1.
Kanvas
dan Sepatu Rem
Kanvas
rem merupakan komponen dari rem tromol yang terpasang mengelilingi sepatu rem.
Kanvas dan sepatu rem ini berfungsi untuk menekan putaran tromol rem saat
kendaraan anda diberhentikan.
2.
Tromol
rem
Tromol
atau drum rem merupakan bagian yang terpenting dalam rem tromol. Fungsi dari
komponen yang satu ini adalah sebagai alat penahan putaran pada saat proses
pengereman terjadi.
3.
Silinder Roda
Silinder
roda memiliki bagian-bagian yang terdiri atas bodi dan piston. Komponen yang
satu ini berfungsi sebagai alat yang menekan sepatu rem ke tromol rem. Jumlah
piston atau penekan pada silinder roda beragam, yaitu ada yang mnggunakan satu
atau dua piston bergantung pada konstruksinya.
4.
Per
Pengembali
Dalam
rem tromol terdapat per pengembali. Tugas dari komponen tersebut adalah untuk
mengembalikan piston dan kanvas rem pada posisi semula setelah terjadinya
proses pengereman.
3.3
Cara
Kerja Rem Tromol
Setelah
anda mengetahui komponen-komponen yang terdapat dalam rem tromol dan fungsinya
dalam proses pengereman. Selanjutnya, anda dapat memperhatikan cara kerja rem
tromol. Perhatikan cara kerjanya di bawah ini.
1.
Saat
Proses Pengereman
Pada saat tuas rem ditarik atau pedal rem diinjak, maka akan
terjadi pergerakan pada komponen-komponen rem tromol, yaitu terjadinya gesekan
antara tromol dan kanvas rem. Piston akan menekan pada kanvas rem dan
menyebabkan adanya gaya gesekan yang kuat sehingga mampu menghentikan putaran
atau gerakan tromol. Pada saat pengereman per pengembali juga meregang dengan
maksimal.
2.
Setelah
Proses Pengereman
Pada saat tuas atau pedal rem dilepaskan pada posisi semula,
maka per pengembali akan mengembalikan kanvas pada posisi semula sehingga tidak
ada gesekan yang terjadi antara kanvas dan tromol rem.
Penggunaan rem tromol pada kendaraan bermotor memiliki
kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah rem tromol dapat bekerja maksimal
pada beban angkut yang berat, sehingga rem tromol lebih sering digunakan pada
kendaraan yang memiliki muatan yang besar.
Sedangkan kekurangan penggunaan rem tromol pada kendaraan
adalah rem tromol menggunakan sistem yang tertutup. Hal ini membuat partikel
kotoran dalam ruang tromol tersebut, sehingga apabila anda ingin melakukan
perawatan dan penggantian harus membuka roda terlebih dahulu.
Hal itu juga menyebabkan air pada saat banjir dapt mengumpul
di bagian ruang tromol, sehingga menyulitkan sistem rem untuk bekerja dan harus
dilakukan pengeringan terlebih dahulu dengan menginjak setengah rem pada saat
kendaraan melaju.
Setelah anda memhami cara kerja rem tromol serta kelebihan
dan kekuranggannya pada kekndaraan anda. Anda dapat menentukan penggunaan rem
yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan anda. Jika anda lebih sering memuat
barang-barang yang berat, sebaiknya menggunakan rem tromol.
3.4 Cara Perawatan Rem Tromol Pada Sepeda Motor
Sepeda Motor yang anda miliki boleh saja memiliki tenaga besar dan mampu berlari cepat. Tapi bagaimanapun juga, motor anda tetap membutuhkan rem untuk mengurangi kecepatan agar dapat terhindar dari kecelakaan.
Fungsi rem tromol hampir digunakan pada semua pengereman untuk roda belakang sepeda motor. Baik tidaknya pengereman dari rem tromol ini sangat ditentukan oleh kuat tidaknya gesekan yang terjadi antara kampas rem dan tromol rem. Kuat tidaknya gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan tromol rem sangat dipengaruhi dengan kekasaran dari kampas rem dan tromol rem tersebut. Selain itu ketebalan kampas rem, kerataan tromol juga berperan dalam mempengaruhi kekuatan dari gesekan antara kampas rem dan tromol rem tersebut. Permukaan kampas rem dan tromol rem yang licin itu harus diamplas. Bila tromol sudah tidak rata harus dibubut ke bengkel bubut.
Berikut ini adalah cara perawatan rem tromol pada sepeda motor :
v Roda belakang dilepas
v Lepas dan bongkar unit atau element-element
pada rem tromol.
v Perhatikan dan periksa permukaan kampas rem.
apabila ada permukaan kampas rem yang licin harus diamplas dengan amplas kasar.
Kemudian sikat dengan sikat halus.
v Periksa ukuran ketebalan kampas rem. Jika
ketebalan sudah diluar ketentuan ganti kampas rem. Pergantian kampas rem harus
satu set.
v Bersihkan dan amplas juga tromol rem.
v Jika ganti kampas , terlebih dahulu amplas
kampas rem tersebut.
v Memeriksa permukaan tromol dari terkena oli.
Keringkan permukaan tromol jika terkena oli dengan kain lap.
v Perhatikan dan Periksa keadaan pegas - pegas
pengembalinya. Pegas yang lemah, macet atau patah harus diganti.
v Pasang dan rakit kembali rem tromol tersebut.
v Rroda belakang dipasang kembali.
BAB IV
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
( PKL ) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI. Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan
mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki
keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja lapangn adalah :
1. Fasilitas DU/DI sangatlah rapih dan bersih
sehingga memungkinkan para karyawan bekerja dengan
maksimal.
2. Keselamatan kerja sangatlah
di utamakan dalam DU/DI baik sebelum, selama, dan
sesudah bekerja
1.2
Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang sebagian kecil justru tidak kami temukan
saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa
saran antara lain :
· Sekolah haruslah memberi
penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan
teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Praktek Kerja Lapangan dapat
mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
· Pihak sekolah haruslah lebih
sering memonitoring siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan. Sehingga pihak sekolah bisa mengetahui kondisi
siswa tersebut. Demikian laporan Praktek
Kerja Lapangan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para
pembaca, khususnya siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI.
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://www.scribd.com/pdf/sistem-rem-tromol
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
IDENTITAS
PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN
SMK
ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN
PELAJARAN 2015 / 2016
1.
Nama Lengkap : Aan Hamdani
2.
NIS :
1303871
3.
Tempat / Tanggal lahir : Brebes, 13 Februari 1998
4.
Agama :
Islam
5.
Jenis Kelamin : Laki – laki
6.
Program Keahlian : Teknik Otomotif
7.
Alamat Rumah
a) RT/RW : 02 / 03
b) Kelurahan
: Desa Karangjunti
c) Kecamatan
: Losari
d) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2015
Peserta
AAN
HAMDANI
IDENTITAS
PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN
SMK
ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN
PELAJARAN 2015 / 2016
8.
Nama Lengkap : Wastoris
9.
NIS :
1303947
10. Tempat
/ Tanggal lahir : Brebes, 15
Februari 1997
11. Agama
:
Islam
12. Jenis
Kelamin :
Laki – laki
13. Program
Keahlian : Teknik
Otomotif
14. Alamat
Rumah
e) RT/RW : 07 / 04
f) Kelurahan
: Desa Karangjunti
g) Kecamatan
: Losari
h) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2015
Peserta
WASTORIS
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA
INDUSTRI
1. Nama
DU / DI : FAMILY
MOTOR
2. Jenis
Usaha :
Jasa
3. Alamat
:
Jl. Wahid Hasyim No. 05 Karangjunti
Losari - Brebes
4. No.
Telepon : -
5. Website : -
6. Nama
Pimpinan : Midi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar