LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
DI
BENGKEL TANIA JAYA MOTOR
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat
mengikuti
UJIAN NASIONAL
Disusun Oleh :
1. Afif Syururi 14031099
2. Firda Putra Pratama 14031126
Bidang Study Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Program Study Keahlian :
Teknik Otomotif
Paket Keahlian :
Teknik Sepeda Motor
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 06
Karangjunti
Kec. Losari Kab. Brebes
2016
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan di BENGKEL
TANIA JAYA MOTOR telah disahkan pada
Hari : ………………………….
Tanggal : ………………………….
Oleh
Kaprodi
TSM
Pembimbing Sekolah
( Heri Abdulah, S.Pd ) ( Suntoro, A.Md )
Mengetahui,
Kepala
Ketua Panitia
SMK Islam Annur Losari Praktek Kerja lapangan
( Dra. Romlah, M.Pd ) ( Muhamad Mas’ud, S.Pd )
MOTTO
v Jika
ingin menang maka kita harus kuat, jika ingin kuat maka kita harus bersatu dan
jika ingin bersatu maka kita harus saling bersilaturahmi.
v Menunggu
kesuksesan adalah tindakan sia – sia yang bodoh.
v Sejarah
bukan hanya rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggaan harta
didalamnya.
v Cara
yang terbaik untuk keluar dari suatu persoalan adalah memecahkannya.
v Kalau
hari ini kita menjadi penonton bersabarlah menjadi pemain esok hari.
v Ceroboh
dan tidak bisa menahan emosi adalah sikap yang bisa berakibat fatal.
v Harapan
kosong itu lebih menyakitkan dari pada kenyataan yang pahit sekalipun.
v Setiap
pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah bila dikerjakan tanpa keengganan.
v Jangan
tunda sampai besok apa yang engkau bisa kerjakan hari ini.
PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan( PKL ) ini
dipersembahkan kepada :
- Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari.
- Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
- Ayah dan ibu yang telah mendidik dan membesarkan kami.
- Adik-adik kelas kami.
- Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat kepada kami.
DAFTAR ISI
LEMBAR
JUDUL ........................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................ ii
MOTTO
.......................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN
.......................................................................................... iv
DAFTAR
ISI.................................................................................................... v
KATA
PENGANTAR ................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................... 1
1.2 Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL.................................................. 1
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL ................................................... 2
1.4 Metode Pengumpulan data ............................................................ 2
1.5 Sistematika Pembuatan Laporan PKL............................................ 3
BAB
II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ......................................... 4
2.1 Sejarah DU/DI................................................................................ 4
2.2
Kepegawaian ................................................................................. 4
2.3 Jenis Bidang Usaha........................................................................ 5
2.4
Struktur Organisasi ........................................................................ 5
2.5. Proses Kegiatan ............................................................................. 5
BAB
III PEMBAHASAN.............................................................................. 6
3.1 Pengertian Karburator..................................................................... 6
3.2 Komponen Karburator.................................................................... 6
3.3 Fungsi Karburator ......................................................................... 7
3.4 Prinsif Kerja Karburator ................................................................. 8
3.5 Service karburator........................................................................... 8
BAB
IV PENUTUP ...................................................................................... 10
4.1 Kesimpulan ................................................................................... 10
4.2 Saran ............................................................................................. 10
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 11
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kuasa-Nya. Sehingga dapat
menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Tania Jaya Motor
Tujuan
dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu
syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN)
di SMK
Islam Annur Losari Tahun Pelajaran
2016/2017. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya
yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Tania Jaya Motor
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,
oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Dra.
Romlah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari
2.
Heri
Abdulah, S.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Sepeda Motor SMK Islam Annur Losari
3.
Suntoro,
A.Md selaku guru Pembimbing Sekolah
4.
Muhamad
Mas’ud, S.Pd selaku Ketua Panitia Praktek Kerja lapangan
5.
Kedua orangtua dan saudara saya yang
telah mendukung dan memberikan doa restu.
6.
Tatang
beserta karyawannya di Bengkel Tania Jaya Motor yang telah membantu kami demi kelancaran dalam
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
7.
Pihak-pihak yang tidak dapat saya
sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang
berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Penulis menyadari bahwa penyusunan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran yang
membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang membuat
pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja
Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Islam Annur Losari.
Losari, Maret 2016
Penyusun,
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja
karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh
karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai
pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata
setelah lulus sekolah.
“Sesuai dengan hasil
pengamatan dan penelitian Direkorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola
penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang
sebagaimana diharapkan.” Hal
tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk
menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional
seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik
bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik
1.2 Maksud, Tujuan
dan Sasaran PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu sistem pembelajaran yang
dilakukan diluar Kegiatan Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada
perusahaan/industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ditujukan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi,
penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan
menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa
melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup
tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan
langsung dengan teknologi.
Dan mempersiapkan para siswa-siswi untuk belajar
bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan
keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan pada SMK bertujuan untuk :
1)
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2)
Memperkokoh Link and Match antara SMK dengan dunia
kerja.
3)
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL
Tujuan dari pembuatan
laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung
jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan
dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil
kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan.
Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara
lain adalah :
• Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan
• Sebagai pertanggung jawaban
atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
• Menambah perbendaharaan
perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
• Sebagai latihan bagi siswa
dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
• Sebagai bukti bahwa siswa
telah melakukan praktek yang telah di lakukan di DUDI (Dunia Usaha/Dunia
Industri).
• Sebagai syarat mengikuti UJIAN NASIONAL (UN). Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia usaha/industri
1.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam hal pengumpulan
data-data untuk penyusunan laporan
Praktek Kerja Lapangan ini dipergunakan metode sebagai berikut :
·
Wawancara yaitu dengan cara berdialog
langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pengalaman
yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas
·
Metode Pengajaran yaitu penulisan secara
langsung melaksanakan pekerjaan yang diberikan dan dipelajari tiap bagian pekerjaan
tersebut.
·
Kerja Sama yaitu cara dimana orang
saling memberikan masukan untuk kepentingan bersama.
·
Observasi yaitu memperhatikan karyawan dalam melaksanakan
tugas atau pekerjaan.Berdasarkan metode yang penulis lakukan, sehingga dapat
lebih optimal dalam penyampaian laporan tersebut.
1.5 Sistematika Penulisan Laporan PKL
Penulisan Laporan Praktek
Kerja Lapangan terdiri atas 4 (empat) bab dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas Latar
Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ), Tujuan Praktek Kerja Lapangan, Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika
Penulisan Laporan PKL.
BAB II : GAMBARAN UMUM DU/DI
Pada Bab ini membahas
Gambaran Umum BENGKEL TANIA
JAYA MOTOR dari Kebijakan Perusahaan (Lokasi, Sejarah, Produk Kami, dan Karyawan), Kepegawaian BENGKEL
TANIA JAYA MOTOR, dan Jenis Bidang Usaha.
BAB III : PEMBAHASAN
Pada Bab ini membahas
pengertian Karburator , Komponen dan
Fungsi Karburator, Service Karburator
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini akan membahas
Kesimpulan dan Saran saat melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ).
BAB II
GAMBARAN UMUM DU/DI
2.1 Sejarah DU/DI
Bengkel
Tania Jaya Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
otomotif seperti pelayanan service sepeda motor, penjualan suku cadang sepeda
motor yang selalu memberikan pelayanan yang prima terhadap pelangganya, dilatar
belakangi kebutuhan masyarakat di wilayah Desa Karangjunti dan sekitarnya
sangat membutuhkan keberadaan bengkel memperbaiki kendaraan yang digunakan
masyarakat maka dengan sigap Bapak Tatang menangkap kebutuhan masyarakat
sehingga mendirikan bengkel sepeda motor. Bengkel Tania Jaya Motor berdiri pada tahun 2013 oleh Bapak Tatang, Bengkel Tania Jaya Motor berlokasi di Jalan Alternatif Ciledug – Ketanggungan
Dibengel Tania Jaya Motor menyediakan Spare Part yang lengkap, sparepart yang
komplit dan tempat yang cukup luas serta sangat strategis yang berada di dekat utama yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat
khususnya pemilik sepeda yang selalu mempercayakan servis motor maupun
perbaikan yang lainnya di bengkel Tania Jaya Motor.
2.2 Kepegawaian
Karyawan di Bengkel Tania Jaya Motor terdiri dari 3 orang laki-laki. Pelaksanaan kerja di
Bengkel Tania Jaya Motor tidak tetap pada satu bagian, tetapi sesuai dengan
intruksi dari leader proses.
2.3 Jenis Bidang Usaha
Bengkel Tania Jaya Motor adalah sebuah perusahaan
yang bergerak dibidang Jasa untuk memperbaiki kendaraan bermotor, baik
matic, bebek, serta menjual acessoris dan spare part sepeda motor.
2.4. Struktur Organisasi
|
2.5 Proses
Kegiatan
Selama melaksanakan PKL di Bengkel Tania Jaya Motor kami melakukan kegitan Service Tune-Up, ganti
oli, ganti battery/accu, ganti bohlam, ganti ban serta melakukan service lainya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Karburator
Karburator merupakan bagian
terpenting dari sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator
karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang
sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. untuk mendapatkan pembakaran
sempurna di butuhkan perbandingan mesin dan udara dalam pencampuran gas,
menurut teoritis adalah 1:15 artinya 1 gram bensin di campur dengan 15 gram
udara.
Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 misal 1:18
dikatakan campuran miskin 1:12 di katakan campuran kaya.
3.2 Komponen Karburator
1)
Mangkok
Karburator ( float chamber )
Berfungsi
untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan
2)
Klep
/ Jarum Pelampung
Berfungsi
untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator
3)
Pelampung
( float )
Berfungsi
untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok karburator.
4)
Skep
/ Katup gas
Berfungsi
untuk mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder.
5)
Pemancar
jarum ( main jet / needle jet )
Berfungsi
untuk memancarkan bensin waktu motor digas besarnya diatur oleh terangkatnya
jarum skep.
6)
Jarum
Skep / Jarum Gas ( Jet needle )
Berfungsi
untuk mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor
di gas.
7)
Pemancar
Besar / induk ( main jet )
Berfungsi
untuk memancarkan bensin saat motor di gas tinggi.
8)
Pemancar
Kecil / stasioner ( slow jet ).
Berfungsi
untuk memancarkan bensin saat stasioner.
9)
Sekrup
Gas / baut gas ( throttle screw )
Berfungsi
untuk setelan posisi skep sebelum di gas.
10)
Skrup
udara / baut udara ( air screw )
Berfungsi
untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bensin.
11)
Katup
cuk ( choke valve )
berfungsi
untuk menutup udara luar masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya
digunakan saat start.
3.3 Fungsi Karburator
1.
Mengubah
bahan bakar cair menjadi bentuk kabut ( Gas )
2.
Mencampur
bahan bakar gas dan uradara pada perbandingan yang tepat, yaitu sekitar 1 gram
bahan bakar berbanding 15 gram udara.
3.
Dapat
memberi kabutan jumlah campuran bahan bakar dengan udara sesuai operasi mesin
3.4 Prinsip Kerja Karburaor
Karburator bekerja berdasarkan
adanya hukum alam, apabila udara mengalir dari suatu ruangan yang kecil maka
akan menyebabkan kecepatan uadara yang mengalir didalam ruang kecil tersebut
akan semakin besar dan tekanannya semakin berkurang ( menurun ).
Ruangan kecil tersebut didalam
karburator disebut venturi dan umumnya dihubungkan dengan spuyer yang
berhubungan dengan mangkuk tempat bahan bakar ( Float Chamber ) akan terhisap
naik keatas melalui sepuyer selanjutnya, bahan bakar akan menjadi bentuk kabut
/ gas, pengaliran ini adalah gerakan torak didalam silinder.
3.5 Servis
Karburator
Langkah Kerja Servis Karburator:
Melepas/membuka karburator dari sepeda
motor :
1.
Buka baut-baut kap (cover/leg shield)
kemudian lepaskan cover dari sepeda motor.
2.
Lepaskan selang bahan bakar yang
terhubung ke karburator, kemudian tutup agar bahan bakar tidak mengalir.
3.
Buka dan lepaskan saringan udara (air
cleaner
4.
Buka dan Lepaskan carburetor assy..
5.
Buka baut pengikat karburator dengan
pipa saluran masuk bahan bakar (inlet pipe kemudian lepaskan karburator dari
inlet pipe.
Over houl
karburator
1.
Buka dan lepaskan ruang pelampung (float chamber set)
2.
Buka dan lepaskan pelampung (float set ).
3.
Buka dan lepaskan jet needle set (holder needle jet dan main
jet ).
4.
Buka dan lepaskan slow jet .
5.
Buka dan lepaskan screw set .
6.
Bersihkan karburator dengan kuas dan
bensin.
7.
Semprot dengan udara bertekanan
(kompresor udara), pada lubang-lubang saluran dan jet pada karburator sampai
benar-benar bersih.
8.
Periksa dengan cermat dan teliti tiap
komponen karburator, ganti jika rusak atau luka bergaris-garis.Komponen
karburator yang diperiksa antara lain:
a. Screw set
(skrup pengatur bahan bakar dan udara)
b. Main Jet
(saluran utama bahan bakar)
c. Slow Jet
(saluran bahan bakar ketika mesin putaran langsam / stasioner)
d. Float
(pelampung)
e. Needle valve
(jarum Pelampung)
f. Throttle valve
dan jet needle
g. Gasket dan
O-ring
h. Lubang saluran
bahan bakar (by pass dan pilot outlet)
9. Setelah diperiksa rakit kembali tiap
komponen karburator.
Pemeriksaan
jarum pelampung :
1. Bila diantara
dudukan dan jarum terdapat benda asing, bahan bakar (bensin) akan terus
mengalir dan mengakibatkan banjir.
2. Bila dudukan
dan jarum sudah aus, gantilah kedua-duanya.
3. Sebaliknya bila
jarum tidak mau bergerak, maka bahan bakar tidak dapat turun.
4. Bila jarum
pelampung cacat seperti terlihat pada gambar di bawah, ganti dengan yang
baru.
BAB IV
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
( PKL ) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI. Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan
mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki
keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja lapangn adalah :
1. Fasilitas DU/DI sangatlah rapih dan bersih
sehingga memungkinkan para karyawan bekerja dengan
maksimal.
2. Keselamatan kerja sangatlah
di utamakan dalam DU/DI baik sebelum, selama, dan
sesudah bekerja
1.2
Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang sebagian kecil justru tidak kami temukan
saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa
saran antara lain :
· Sekolah haruslah memberi
penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan
teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Praktek Kerja Lapangan dapat
mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
· Pihak sekolah haruslah
lebih sering memonitoring siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan. Sehingga pihak sekolah bisa mengetahui kondisi
siswa tersebut. Demikian laporan Praktek
Kerja Lapangan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para
pembaca, khususnya siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI.
DAFTAR PUSTAKA
4. Tanggal
Unduhan sabtu, 19 maret 2016
IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA
LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
1.
Nama Lengkap : Afif Syururi
2.
NIS : 14031099
3.
Tempat / Tanggal lahir : Brebes, 23 Maret 1999
4.
Agama :
Islam
5.
Jenis Kelamin : Laki – laki
6.
Program Keahlian : Teknik Otomotif
7.
Alamat Rumah
a) RT/RW : 04 / 01
b) Kelurahan
: Desa Karangjunti
c) Kecamatan
: Losari
d) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2016
Peserta
AFIF
SYURURI
IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA
LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
8.
Nama Lengkap : Firda Putra Pratama
9.
NIS :
14031126
10. Tempat
/ Tanggal lahir : Brebes, 06
Oktober 1998
11. Agama
:
Islam
12. Jenis
Kelamin :
Laki – laki
13. Program
Keahlian : Teknik
Otomotif
14. Alamat
Rumah
e) RT/RW : 05 / 01
f) Kelurahan
: Desa
Karangjunti
g) Kecamatan
: Losari
h) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2016
Peserta
FIRDA
PUTRA PRATAMA
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA
INDUSTRI
1. Nama
DU / DI : TANIA
JAYA MOTOR
2. Jenis
Usaha :
Jasa
3. Alamat
:
Jl. Alternatif Ciledug – Ketanggungan
4. No.
Telepon :
0819 1154 4727
5. Website :
………………………………………
6. Nama
Pimpinan : Tatang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar