Senin, 20 Juni 2016

LAPORAN PRAKERIN BENGKEL TANIA JAYA MOTOR KARANGJUNTI



LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
DI
BENGKEL TANIA JAYA MOTOR

Diajukan untuk memenuhi  salah satu syarat mengikuti
UJIAN NASIONAL




Disusun Oleh :

1.      Afif Syururi                                  14031099
2.      Firda Putra Pratama                      14031126


Bidang Study Keahlian                      : Teknologi dan Rekayasa
Program Study Keahlian                     : Teknik Otomotif
Paket Keahlian                                    : Teknik Sepeda Motor

SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 06 Karangjunti
Kec. Losari Kab. Brebes
2016

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Praktek Kerja Lapangan di BENGKEL TANIA JAYA MOTOR  telah disahkan pada
Hari                 : ………………………….
Tanggal           : ………………………….

Oleh
Kaprodi TSM                                                  Pembimbing Sekolah  

    ( Heri Abdulah, S.Pd )                                                ( Suntoro, A.Md )

Mengetahui,
            Kepala                                                                    Ketua Panitia
 SMK Islam Annur Losari                                          Praktek Kerja lapangan

   ( Dra. Romlah, M.Pd )                                         ( Muhamad Mas’ud, S.Pd )








MOTTO
v  Jika ingin menang maka kita harus kuat, jika ingin kuat maka kita harus bersatu dan jika ingin bersatu maka kita harus saling bersilaturahmi.
v  Menunggu kesuksesan adalah tindakan sia – sia yang bodoh.
v  Sejarah bukan hanya rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggaan harta didalamnya.
v  Cara yang terbaik untuk keluar dari suatu persoalan adalah memecahkannya.
v  Kalau hari ini kita menjadi penonton bersabarlah menjadi pemain esok hari.
v  Ceroboh dan tidak bisa menahan emosi adalah sikap yang bisa berakibat fatal.
v  Harapan kosong itu lebih menyakitkan dari pada kenyataan yang pahit sekalipun.
v  Setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah bila dikerjakan tanpa keengganan.
v  Jangan tunda sampai besok apa yang engkau bisa kerjakan hari ini.












PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan( PKL ) ini dipersembahkan kepada :
  1. Kepala Sekolah SMK Islam  Annur Losari.
  2. Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
  3. Ayah dan ibu yang telah mendidik dan membesarkan kami.
  4. Adik-adik kelas kami.
  5. Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat kepada kami.
























DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL ........................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................ ii
MOTTO .......................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN .......................................................................................... iv
DAFTAR ISI.................................................................................................... v
KATA PENGANTAR ................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1  Latar Belakang ............................................................................... 1
1.2  Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL.................................................. 1
1.3  Tujuan Pembuatan Laporan PKL ................................................... 2
1.4  Metode Pengumpulan data ............................................................ 2
1.5  Sistematika Pembuatan Laporan PKL............................................ 3
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ......................................... 4
2.1 Sejarah DU/DI................................................................................ 4
2.2  Kepegawaian ................................................................................. 4
2.3  Jenis Bidang Usaha........................................................................ 5
2.4  Struktur Organisasi ........................................................................ 5
2.5. Proses Kegiatan ............................................................................. 5
BAB III  PEMBAHASAN.............................................................................. 6
3.1 Pengertian Karburator..................................................................... 6
3.2 Komponen Karburator.................................................................... 6
3.3  Fungsi Karburator ......................................................................... 7
3.4 Prinsif Kerja Karburator ................................................................. 8
3.5 Service karburator........................................................................... 8
BAB IV PENUTUP ...................................................................................... 10
4.1 Kesimpulan ................................................................................... 10
4.2 Saran ............................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 11
LAMPIRAN – LAMPIRAN

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kuasa-Nya. Sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan  di Bengkel Tania Jaya Motor  
            Tujuan dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) di SMK Islam Annur Losari Tahun Pelajaran 2016/2017. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan  di Bengkel Tania Jaya Motor  
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan  ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.          Dra. Romlah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari
2.          Heri Abdulah, S.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Sepeda Motor  SMK Islam Annur Losari
3.          Suntoro, A.Md  selaku  guru Pembimbing Sekolah
4.          Muhamad Mas’ud, S.Pd selaku Ketua Panitia Praktek Kerja lapangan
5.          Kedua orangtua dan saudara saya yang telah mendukung dan memberikan doa restu.
6.          Tatang beserta karyawannya di Bengkel Tania Jaya Motor    yang telah membantu kami demi kelancaran dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
7.          Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang membuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Islam Annur Losari.
Losari,    Maret  2016
                                                                                    Penyusun,

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
“Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direkorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang sebagaimana diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik

1.2 Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan diluar Kegiatan Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ditujukan untuk  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi.
 Dan mempersiapkan para siswa-siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan pada SMK bertujuan untuk :
1)             Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2)             Memperkokoh Link and Match antara SMK dengan dunia kerja.
3)             Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas

1.3  Tujuan Pembuatan Laporan PKL
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan.
 Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :
         Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan
         Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubungan  dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
         Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
         Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
         Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang telah di lakukan di DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri).
         Sebagai syarat mengikuti UJIAN NASIONAL (UN). Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia usaha/industri

1.4  Metode Pengumpulan Data
Dalam hal pengumpulan data-data untuk penyusunan  laporan Praktek Kerja Lapangan  ini dipergunakan metode sebagai berikut :
·         Wawancara yaitu dengan cara berdialog langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas
·         Metode Pengajaran yaitu penulisan secara langsung melaksanakan pekerjaan yang diberikan dan dipelajari tiap bagian pekerjaan tersebut.
·         Kerja Sama yaitu cara dimana orang saling memberikan masukan untuk kepentingan bersama.
·         Observasi yaitu memperhatikan karyawan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan.Berdasarkan metode yang penulis lakukan, sehingga dapat lebih optimal dalam penyampaian laporan tersebut.

1.5  Sistematika Penulisan Laporan PKL
Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan terdiri atas 4 (empat) bab dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN       
Bab ini akan membahas Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ), Tujuan Praktek Kerja Lapangan, Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan Laporan PKL.
BAB II : GAMBARAN UMUM DU/DI
Pada Bab ini membahas Gambaran Umum BENGKEL TANIA JAYA MOTOR dari Kebijakan Perusahaan (Lokasi, Sejarah, Produk Kami, dan  Karyawan), Kepegawaian BENGKEL TANIA JAYA MOTOR, dan Jenis Bidang Usaha.
BAB III : PEMBAHASAN
Pada Bab ini membahas pengertian Karburator , Komponen dan Fungsi Karburator, Service Karburator
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini akan membahas Kesimpulan dan Saran saat melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ).


BAB II
GAMBARAN UMUM DU/DI

2.1  Sejarah DU/DI
Bengkel Tania Jaya Motor  adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif seperti pelayanan service sepeda motor, penjualan suku cadang sepeda motor yang selalu memberikan pelayanan yang prima terhadap pelangganya, dilatar belakangi kebutuhan masyarakat di wilayah Desa Karangjunti dan sekitarnya sangat membutuhkan keberadaan bengkel memperbaiki kendaraan yang digunakan masyarakat maka dengan sigap Bapak Tatang menangkap kebutuhan masyarakat sehingga mendirikan bengkel sepeda motor. Bengkel Tania Jaya Motor  berdiri pada tahun 2013 oleh Bapak Tatang, Bengkel Tania Jaya Motor  berlokasi di Jalan Alternatif Ciledug – Ketanggungan
Dibengel Tania Jaya Motor menyediakan Spare Part yang lengkap, sparepart yang komplit dan tempat yang cukup luas serta sangat strategis yang berada di dekat utama yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat khususnya pemilik sepeda yang selalu mempercayakan servis motor maupun perbaikan yang lainnya di bengkel Tania Jaya Motor.
2.2 Kepegawaian
Karyawan di Bengkel Tania Jaya Motor   terdiri dari 3 orang laki-laki. Pelaksanaan kerja di Bengkel Tania Jaya Motor  tidak tetap pada satu bagian, tetapi sesuai dengan intruksi dari leader proses.

2.3  Jenis Bidang Usaha
Bengkel Tania Jaya Motor  adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Jasa untuk memperbaiki kendaraan bermotor, baik matic, bebek, serta menjual acessoris dan spare part sepeda motor.
2.4. Struktur Organisasi
PIMPINAN
TATANG
 
BENGKEL TANIA JAYA MOTOR



 








2.5  Proses Kegiatan
Selama melaksanakan PKL di Bengkel Tania Jaya Motor  kami melakukan kegitan Service Tune-Up, ganti oli, ganti battery/accu, ganti bohlam, ganti ban serta melakukan service lainya






BAB III
PEMBAHASAN

3.1  Pengertian Karburator
Karburator merupakan bagian terpenting dari sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakar.  Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. untuk mendapatkan pembakaran sempurna di butuhkan perbandingan mesin dan udara dalam pencampuran gas, menurut teoritis adalah 1:15 artinya 1 gram bensin di campur dengan 15 gram udara.
Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 misal 1:18 dikatakan campuran miskin 1:12 di katakan campuran kaya.

3.2  Komponen Karburator
1)      Mangkok Karburator ( float chamber )
Berfungsi untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan
2)      Klep / Jarum Pelampung
Berfungsi untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator
3)      Pelampung ( float )
Berfungsi untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok karburator.
4)      Skep / Katup gas
Berfungsi untuk mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder.
5)      Pemancar jarum ( main jet / needle jet )
Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor digas besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
6)      Jarum Skep / Jarum Gas ( Jet needle )
Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor di gas.
7)      Pemancar Besar / induk ( main jet )
Berfungsi untuk memancarkan bensin saat motor di gas tinggi.
8)      Pemancar Kecil / stasioner ( slow jet ).
Berfungsi untuk memancarkan bensin saat stasioner.
9)      Sekrup Gas / baut gas ( throttle screw )
Berfungsi untuk setelan posisi skep sebelum di gas.
10)  Skrup udara / baut udara ( air screw )
Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bensin.
11)  Katup cuk ( choke valve )
berfungsi untuk menutup udara luar masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya digunakan saat start.
3.3  Fungsi Karburator
1.      Mengubah bahan bakar cair menjadi bentuk kabut ( Gas )
2.      Mencampur bahan bakar gas dan uradara pada perbandingan yang tepat, yaitu sekitar 1 gram bahan bakar berbanding 15 gram udara.
3.      Dapat memberi kabutan jumlah campuran bahan bakar dengan udara sesuai operasi mesin

3.4  Prinsip Kerja Karburaor
Karburator bekerja berdasarkan adanya hukum alam, apabila udara mengalir dari suatu ruangan yang kecil maka akan menyebabkan kecepatan uadara yang mengalir didalam ruang kecil tersebut akan semakin besar dan tekanannya semakin berkurang ( menurun ).
Ruangan kecil tersebut didalam karburator disebut venturi dan umumnya dihubungkan dengan spuyer yang berhubungan dengan mangkuk tempat bahan bakar ( Float Chamber ) akan terhisap naik keatas melalui sepuyer selanjutnya, bahan bakar akan menjadi bentuk kabut / gas, pengaliran ini adalah gerakan torak didalam silinder.
3.5  Servis Karburator
Langkah Kerja Servis Karburator:
Melepas/membuka karburator dari sepeda motor :
1.      Buka baut-baut kap (cover/leg shield) kemudian lepaskan cover dari sepeda motor.
2.      Lepaskan selang bahan bakar yang terhubung ke karburator, kemudian tutup agar bahan bakar tidak mengalir.
3.      Buka dan lepaskan saringan udara (air cleaner
4.      Buka dan Lepaskan carburetor assy..
5.      Buka baut pengikat karburator dengan pipa saluran masuk bahan bakar (inlet pipe kemudian lepaskan karburator dari inlet pipe.
Over houl karburator
1.      Buka dan lepaskan  ruang pelampung (float chamber set)
2.      Buka dan lepaskan  pelampung (float set ).
3.      Buka dan lepaskan  jet needle set (holder needle jet dan main jet ).
4.      Buka dan lepaskan  slow jet .
5.      Buka dan lepaskan  screw set .
6.      Bersihkan karburator dengan kuas dan bensin.
7.      Semprot dengan udara bertekanan (kompresor udara), pada lubang-lubang saluran dan jet pada karburator sampai benar-benar bersih.
8.      Periksa dengan cermat dan teliti tiap komponen karburator, ganti jika rusak atau luka bergaris-garis.Komponen karburator yang diperiksa antara lain:
a.    Screw set (skrup pengatur bahan bakar dan udara)
b.    Main Jet (saluran utama bahan bakar)
c.    Slow Jet (saluran bahan bakar ketika mesin putaran langsam / stasioner)
d.   Float (pelampung)
e.    Needle valve (jarum Pelampung)
f.     Throttle valve dan jet needle
g.    Gasket dan O-ring
h.    Lubang saluran bahan bakar (by pass dan pilot outlet)
9.  Setelah diperiksa rakit kembali tiap komponen karburator.
Pemeriksaan jarum pelampung :
1.      Bila diantara dudukan dan jarum terdapat benda asing, bahan bakar (bensin) akan terus mengalir dan mengakibatkan banjir.
2.      Bila dudukan dan jarum sudah aus, gantilah kedua-duanya.
3.      Sebaliknya bila jarum tidak mau bergerak, maka bahan bakar tidak dapat turun.
4.      Bila jarum pelampung cacat seperti terlihat pada gambar di bawah, ganti dengan yang baru.
BAB IV
PENUTUP

1.1         Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI. Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja lapangn  adalah :
1.      Fasilitas DU/DI sangatlah rapih dan bersih sehingga memungkinkan para  karyawan bekerja dengan maksimal.
2.      Keselamatan kerja sangatlah di utamakan dalam DU/DI baik sebelum, selama, dan sesudah bekerja

1.2         Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )  yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain :
·      Sekolah haruslah memberi penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Praktek Kerja Lapangan  dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
·      Pihak sekolah haruslah lebih sering memonitoring siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan. Sehingga pihak sekolah bisa mengetahui kondisi siswa tersebut. Demikian laporan Praktek Kerja Lapangan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca, khususnya siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI.


DAFTAR PUSTAKA
1.    http://www.scribd.com/pdf/karburatorsepedamotor.http Tanggal Unduhan sabtu, 19 maret 2016
4.    Tanggal Unduhan sabtu, 19 maret 2016
















IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

1.        Nama Lengkap                             : Afif Syururi
2.        NIS                                              : 14031099
3.        Tempat / Tanggal lahir                 : Brebes, 23 Maret 1999
4.        Agama                                          : Islam
5.        Jenis Kelamin                               : Laki – laki
6.        Program Keahlian                        : Teknik Otomotif
7.        Alamat Rumah                            
a)      RT/RW                                   : 04 / 01
b)      Kelurahan                               : Desa Karangjunti
c)      Kecamatan                             : Losari
d)     Kabupaten                              : Brebes


Losari, …………………. 2016
Peserta


AFIF SYURURI


IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

8.        Nama Lengkap                             : Firda Putra Pratama
9.        NIS                                              : 14031126
10.    Tempat / Tanggal lahir                 : Brebes, 06 Oktober 1998
11.    Agama                                          : Islam
12.    Jenis Kelamin                               : Laki – laki
13.    Program Keahlian                        : Teknik Otomotif
14.    Alamat Rumah                            
e)      RT/RW                                   : 05 / 01
f)       Kelurahan                               : Desa Karangjunti
g)      Kecamatan                             : Losari
h)      Kabupaten                              : Brebes


Losari, …………………. 2016
Peserta


FIRDA PUTRA PRATAMA



IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI

1.    Nama DU / DI                               : TANIA JAYA MOTOR
2.    Jenis Usaha                                     : Jasa
3.    Alamat                                            : Jl. Alternatif Ciledug – Ketanggungan
4.    No. Telepon                                    : 0819 1154 4727
5.    Website                                          : ………………………………………
6.    Nama Pimpinan                              : Tatang















https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTzQEUfTHh0-ALhXOMl9BN0RXsmKt8wf_1xDR3_S684cp-q3QmNWoAxMh63Il7jo2v-JWqx-Xo-9Dy7pqWwlc5GbOCjo_sa_djNhwfSa8Kiwcf7p2ozjxrPcOjhRXx6zb3XwGuJr56Mpdo/s640/Komponen-komponen+karburator.PNG


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8lcSwrUH2itiVoC86OmIBtnlYZuJAXo8QnLgCmVALkJtALBNB_xrbr8SzebH3ggx-YzonsTTY-0X1r9crMDWq_WLeFVA1xPy0MyNbo0VM6l4i3ZsnSMv9GTOtzff9ZWvpUW1yLkvHs3Sa/s1600/t.jpg
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar