LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
DI
BENGKEL DITA MOTOR CILEDUG
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat
mengikuti
UJIAN NASIONAL
Disusun Oleh :
1. IRWANSYAH 14031133
2. ROHMAN SANTOSA 14031157
Program Study Keahlian :
Teknik Otomotif
Bidang Study Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Paket Keahlian :
Teknik Sepeda Motor
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 06
Karangjunti
Kec. Losari Kab. Brebes
2016
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan di …………………………………..
telah disahkan pada
Hari : ………………………….
Tanggal : ………………………….
Oleh
Kaprodi
TSM
Pembimbing Sekolah
( Heri Abdulah, S.Pd ) ( Kholil, S.Sos )
Mengetahui,
Kepala
Ketua Panitia
SMK Islam Annur Losari Praktek Kerja lapangan
( Dra. Romlah, M.Pd ) ( Muhamad Mas’ud, S.Pd )
MOTTO
v Jika
ingin menang maka kita harus kuat, jika ingin kuat maka kita harus bersatu dan
jika ingin bersatu maka kita harus saling bersilaturahmi.
v Menunggu
kesuksesan adalah tindakan sia – sia yang bodoh.
v Sejarah
bukan hanya rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggaan harta
didalamnya.
v Cara
yang terbaik untuk keluar dari suatu persoalan adalah memecahkannya.
v Kalau
hari ini kita menjadi penonton bersabarlah menjadi pemain esok hari.
v Ceroboh
dan tidak bisa menahan emosi adalah sikap yang bisa berakibat fatal.
v Harapan
kosong itu lebih menyakitkan dari pada kenyataan yang pahit sekalipun.
v Setiap
pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah bila dikerjakan tanpa keengganan.
v Jangan
tunda sampai besok apa yang engkau bisa kerjakan hari ini.
PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan( PKL ) ini
dipersembahkan kepada :
- Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari.
- Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
- Ayah dan ibu yang telah mendidik dan membesarkan kami.
- Adik-adik kelas kami.
- Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat kepada kami.
DAFTAR ISI
LEMBAR
JUDUL ........................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................ ii
MOTTO
.......................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN
.......................................................................................... iv
DAFTAR
ISI.................................................................................................... v
KATA
PENGANTAR ................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................... 1
1.2 Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL.................................................. 1
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL ................................................... 2
1.4 Metode Pengumpulan data ............................................................ 2
1.5 Sistematika Pembuatan Laporan PKL............................................ 3
BAB
II PROSES DAN KEGIATAN BELAJAR DI DU/DI ........................ 4
2.1 Sejarah DU/DI................................................................................ 4
2.2
Kepegawaian ................................................................................. 4
2.3 Jenis Bidang Usaha........................................................................ 4
2.4
Struktur Organisasi ........................................................................ 5
2.5 Proses Kegiatan Selama PKL.......................................................... 5
BAB
III PEMBAHASAN.............................................................................. 6
3.1 Pengertian Gas Buang Pada Sepeda
Motor.................................... 6
3.2 Fungsi dan Komponen Gas Buang................................................. 6
3.3 Pemeriksaan dan Perawatan Gas Buang ....................................... 7
BAB
IV PENUTUP ........................................................................................ 9
4.1 Kesimpulan ..................................................................................... 9
4.2 Saran ............................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 10
LAMPIRAN
– LAMPIRAN ........................................................................ 11
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kuasa-Nya. Sehingga
daipat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Dita Motor Ciledug
Tujuan
dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu
syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) di SMK
Islam Annur Losari Tahun Pelajaran
2016/2017. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya
yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Bengkel Dita Motor Ciledug
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,
oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Dra.
Romlah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari
2.
Heri
Abdulah, S.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Sepeda Motor SMK Islam Annur Losari
3.
Kholil,
S.Sos selaku guru Pembimbing Sekolah
4.
Muhamad
Mas’ud, S.Pd selaku Ketua Panitia Praktek Kerja lapangan
5.
Kedua orangtua dan saudara saya yang
telah mendukung dan memberikan doa restu.
6.
Pihak-pihak yang tidak dapat saya
sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang
berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Penulis menyadari bahwa penyusunan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran yang
membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang membuat
pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja
Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Islam Annur Losari.
Losari, Maret 2016
Penyusun,
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja
karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh
karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai
pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata
setelah lulus sekolah.
“Sesuai dengan hasil
pengamatan dan penelitian Direkorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola
penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang
sebagaimana diharapkan.” Hal
tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk
menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional
seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik
bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik
1.2 Maksud, Tujuan
dan Sasaran PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu sistem pembelajaran yang
dilakukan diluar Kegiatan Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada
perusahaan/industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ditujukan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi,
penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan
menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa
melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup
tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan
langsung dengan teknologi.
Dan mempersiapkan para siswa-siswi untuk belajar
bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan
keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan pada SMK bertujuan untuk :
1)
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2)
Memperkokoh Link and Match antara SMK dengan dunia
kerja.
3)
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL
Tujuan dari pembuatan
laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung
jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan
dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil
kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan.
Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara
lain adalah :
• Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan
• Sebagai pertanggung jawaban
atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
• Menambah perbendaharaan
perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
• Sebagai latihan bagi siswa
dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
• Sebagai bukti bahwa siswa
telah melakukan praktek yang telah di lakukan di DUDI (Dunia Usaha/Dunia
Industri).
• Sebagai syarat mengikuti UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN). Untuk
mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia usaha/industri
1.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam hal pengumpulan
data-data untuk penyusunan laporan
Praktek Kerja Lapangan ini dipergunakan metode sebagai berikut :
·
Wawancara yaitu dengan cara berdialog
langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pengalaman
yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas
·
Metode Pengajaran yaitu penulisan secara
langsung melaksanakan pekerjaan yang diberikan dan dipelajari tiap bagian
pekerjaan tersebut.
·
Kerja Sama yaitu cara dimana orang
saling memberikan masukan untuk kepentingan bersama.
·
Observasi yaitu memperhatikan karyawan dalam melaksanakan
tugas atau pekerjaan.Berdasarkan metode yang penulis lakukan, sehingga dapat lebih
optimal dalam penyampaian laporan tersebut.
1.5 Sistematika Penulisan Laporan PKL
Penulisan Laporan Praktek
Kerja Lapangan terdiri atas 4 (empat) bab dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas Latar
Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ), Tujuan Praktek Kerja Lapangan, Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika
Penulisan Laporan PKL.
BAB II :
PROSES DAN KGIATAN BELAJAR DI DU/DI
Pada Bab ini membahas sejarah BENGKEL DITA MOTOR CILEDUG dari Kebijakan Perusahaan
(Lokasi, Sejarah, Produk Kami, dan Karyawan), Kepegawaian BENGKEL DITA MOTOR CILEDUG, dan Jenis Bidang Usaha.
BAB III : PEMBAHASAN
Pada Bab ini membahas
pengertian Gas Buang, Fungsi dan Komponen
Gas Buang dan Cara Perawatan Gas Buang Sepeda Motor.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini akan membahas
Kesimpulan dan Saran saat melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ).
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah
Dita Motor Ciledug adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
otomotif seperti pelayanan service sepeda motor, penjualan suku cadang sepeda
motor yang selalu memberikan pelayanan yang prima terhadap pelangganya, karena
kepuasan pelanggan merupakan target yang ditetapkanoleh dita motor. Dita Motor berdiri pada tahun 2008 oleh Bapak Diding,
Bengkel Dita Motor Ciledug berlokasi di Desa Jatiseeng Kecamatan Ciledug
Kabupaten Cirebon, sedangkan alasan kami memilih bengkel tersebut untuk di
jadikan tempat PKL dengan alasan sebagai berikut:
a. Lokasi bengkel berada pada jalan raya yang
beralamat di jalan Walangsungsang Jatiseeng – Ciledug – Cirebon
b. Faktor kemudahan dalam mencari Dita Motor karena
tempatnya strategis, sehingga mudah dilihat.
c. Karena bengkelnya tidak jauh dari tempat tinggal
kami.
2.2 Kepegawaian
Karyawan di Bengkel Dita Motor Ciledug terdiri dari 5 orang laki-laki. Pelaksanaan kerja di Bengkel Dita Motor Ciledug tidak tetap pada satu
bagian, tetapi sesuai dengan intruksi dari leader proses.
2.3 Jenis Bidang Usaha
BENGKEL DITA MOTOR CILEDUG adalah sebuah perusahaan
yang bergerak dibidang Jasa untuk memperbaiki kendaraan bermotor, baik
matic, bebek, serta menjual acessoris dan spare part sepeda motor.
2.4. Struktur Organisasi
|
|
|
|
2.4 Proses
Kegiatan
Selama melaksanakan PKL di Bengkel Dita Motor
Ciledug kami melakukan kegiatan belajar seperti, Service Tune-Up, Ganti Oli,
Ganti ACCU, Ganti Bolham, Ganti Ban serta melakukan service lainnya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Gas Buang Sepeda Motor
Gas buang adalah sisa hasil pembakaran yang dihasilkan oleh
pembakaran di dalam mesin kendaraan bermotor. Proses
pembakaran bahan bakar dari motor bakar menghasilkan gas buang yang secara
teoritis mengandung unsur CO, NO2, HC, C, H2, CO2,
H2O dan N2, dimana banyak yang bersifat mencemari
lingkungan sekitar dalam bentuk polusi udara.
Konsentrasi emisi akan cepat bergerak naik bila terakumulasi
pada tempat yang tertutup dan tidak memiliki sistem ventilasi atau sistem
pembuangan yang memungkinkan pertukaran udara di dalam ruang dengan udara segar
dari luar ruangan. Hal ini sangat berbahaya terhadap pekerja dalam ruangan
tersebut khususnya bengkel kendaraan bermotor, pool, terminal, garasi dan
sejenisnya.
Emisi gas buang kendaraan bermotor dari segala model mesin
pembakaran di dalam (Internal combustion engine), dengan penyempurnaan
konstruksi dan teknologi yang diterapkan, tetap menghasilkan emisi gas buang,
hal ini terjadi karena perubahan wujud bahan bakar dan udara pada saat terjadi
proses pembakaran.
3.2 Fungsi dan Komponen System Gas Buang
v Untuk
menyalurkan gas buang hasil pembakaran ke atmosfer;
v Meningkatkan
tenaga mesin;
v Menurunkan
panas;
v Meredam
suara mesin;
Sistem
gas buang ini terdiri dari: Katup buang, Saluran buang, dan Peredam suara
(Muffler).:
1.
Katup
Buang
Katup
buang bertugas menahan gas yang sedang terbakar dalam ruang selinder sehingga
terbakar seluruhnya dan pada waktu yang ditentukan katup buang membuka dan
menyalurkan gas sisa pembakaran keluar melalui saluran buang.
2.
Saluran
buang
Saluran
buang dipasang untuk menyalurkan gas bekas sisa pembakaran di dalam silinder
menuju ke peredam suara.
3.
Peredam
Suara (Muffler)
Perdam
suara bertugas menyalurkan gas bekas keluar ke atmosfir serta meredam suara
mesin.
Peredam
suara (Muffler) biasanya terbagi dua jenis, yaitu:
a. Jenis Lurus (Straight Though)
Jenis
ini terdiri dari sebuah pipa lurus yang dilingkupi pipa berdiameter lebih
besar.
b. Jenis berbelok (Reverse Flow)
Jenis
ini terdiri dari potongan-potongan pipa yang pendek dan sekat-sekat penahan
(baffles) guna menekan gas buang maju dan mundur sebelum keluar. Peredam
seperti ini menciptakan suatu ruang pemuaian yang dapat mengurangi suara gas
buang dan menahan semburan api.
3.3 Pemeriksaan dan Perawatan Gas
Buang Sepeda Motor
- Lepas knalpot dari dudukannya.
- Bongkar bagian - bagian seperti leher knalpot, muffler, dan saringan. Perhatikan bahwa tidak semua jenis knalpot bisa dipisah - pisahkan bagian - bagiannya. Ada beberapa knalpot yang menjadi satu unit.
- Bersihkan bagian luar knalpot dengan air. Jika bagian - bagiannya bisa dilepas, bersihkan juga bagian tersebut. Setelah itu keringkan dengan udara bertekanan ( kompresor) atau jemur sebentar di terik matahari.
- Panaskan dengan api bagian ujung luar leher knalpot sampai merata dengan warna merah membara kemudian semprot lubang leher knalpot dengan udara bertekanan.
- Bersihkan sisa - sisa bahan bakar dalam muffler dengan menyemprotkan air panas ke dalam lubang muffler. Setelah itu keringkan dengan udara bertekanan atau jemur di terik matahari. Setelah kering maka panaskan lubang muffler dengan api dan semprotkan udara ke dalam lubang muffler.
- Bersihkan kerak - kerak pada saluran buang. Perhatikan pada waktu membersihkan kerak dengan pisau, posisi piston harus tidak menutup saluran buang atau harus pada titik mati bawah agar piston tidak tergores oleh pisau. Setelah itu semprot saluran buang dengan udara bertekanan.
- Periksa keadaan paking knalpot, bila ada yang rusak harus diganti. Paking yang rusak akan menyebabkan kebocoran gas buang.
- Pasang knalpot dengan cara kebalikan dari waktu membongkar. Periksa kebocoran gas buang dengan cara menghidupkan motor dan menutup ujungnya dengan kain. Jika ada kebocoran gas buang, segera perbaiki baian - bagian yang menyebabkan kebocoran tersebut.
BAB IV
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
( PKL ) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi SMK.Islam Annur Losari. Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan
mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki
keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja lapangn adalah :
1. Fasilitas DU/DI sangatlah rapih dan bersih
sehingga memungkinkan para karyawan bekerja dengan maksimal.
2. Keselamatan kerja sangatlah
di utamakan dalam DU/DI baik sebelum, selama, dan
sesudah bekerja
1.2
Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang sebagian kecil justru tidak kami temukan
saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa
saran antara lain :
· Sekolah haruslah memberi
penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan
teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Praktek Kerja Lapangan dapat
mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
· Pihak sekolah haruslah
lebih sering memonitoring siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan. Sehingga pihak sekolah bisa mengetahui kondisi
siswa tersebut. Demikian laporan Praktek
Kerja Lapangan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para
pembaca, khususnya siswa-siswi SMK Islam
Annur Losari.
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://www.scribd.com/pdf/Emisigasbuangbermotor&dampaknyaterhadapkesehatan Tanggal
Unduhan Sabtu, 5 maret 2016
2.
http://hariripriyanto.blogspot.co.id/2012/06/modul-pembelajaran-sistem-gas-buang.html Tanggal Unduhan Sabtu, 5 maret
2016
3. https://freeandshared.files.wordpress.com/2015/04/gas-buang.pdf Tanggal Unduhan Sabtu, 5 maret
2016
4. Referensi
dari Buku Mata Pelajaran
IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA
LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
1.
Nama Lengkap : IRWANSYAH
2.
NIS :
14031133
3.
Tempat / Tanggal lahir : Brebes, 06 Mei 1997
4.
Agama :
Islam
5.
Jenis Kelamin : Laki – laki
6.
Program Keahlian : Teknik Otomotif
7.
Alamat Rumah
a) RT/RW : 04 / 05
b) Kelurahan
: Desa
Rungkang
c) Kecamatan
: Losari
d) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2016
Peserta
IRWANSYAH
IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA
LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
8.
Nama Lengkap : ROHMAN SANTOSA
9.
NIS :
14031157
10. Tempat
/ Tanggal lahir : Brebes,
18 Maret 1996
11. Agama
:
Islam
12. Jenis
Kelamin :
Laki – laki
13. Program
Keahlian : Teknik
Otomotif
14. Alamat
Rumah
e) RT/RW : 03 / 01
f) Kelurahan
: Desa
Karangjunti
g) Kecamatan
: Losari
h) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2016
Peserta
ROHMAN
SANTOSA
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA
INDUSTRI
1. Nama
DU / DI : DITA
MOTOR CILEDUG
2. Jenis
Usaha :
Jasa
3. Alamat
:
Jl. Walangsungsang Jatiseeng Ciledug
Cirebon
4. No.
Telepon :
085 295 645 134
5. Website :
………………………………………
6. Nama
Pimpinan :
DIDING
Casinos Near Harrah's Casino & Racetrack
BalasHapusA map showing casinos 정읍 출장안마 and racetracks located near Harrah's Casino 삼척 출장샵 & Racetrack 삼척 출장마사지 in Atlantic City, NJ. Find reviews and information 익산 출장안마 for 시흥 출장마사지 you.