LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
DI
ROBY JAYA MOTOR
LEMAH ABANG
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat
mengikuti
Ujian Nasional/Ujian Sekolah
Disusun Oleh :
RIKI HIDAYAT (14031152 )
Program Study Keahlian :
Teknik Otomotif
Bidang Study Keahlian :
Teknologi dan Rekayasa
Paket Keahlian :
Teknik Sepeda Motor
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 06
Karangjunti
Kec. Losari Kab. Brebes
2016
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan di ROBY JAYA MOTOR LEMAH ABANG telah disahkan pada
Hari : ……………………….
Tanggal : ……………………….
Oleh
Kaprodi
TSM
Pembimbing Sekolah
( Heri Abdulah, S.Pd) ( Sodikin, A.Md )
Mengetahui,
Kepala
Ketua Panitia
SMK Islam Annur Losari Praktek Kerja lapangan
(Dra. Romlah, M.Pd) ( Muhamad Mas’ud, S.Pd)
MOTTO
v Jika
ingin menang maka kita harus kuat, jika ingin kuat maka kita harus bersatu dan
jika ingin bersatu maka kita harus saling bersilaturahmi.
v Menunggu
kesuksesan adalah tindakan sia – sia yang bodoh.
v Sejarah
bukan hanya rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggaan harta
didalamnya.
v Cara
yang terbaik untuk keluar dari suatu persoalan adalah memecahkanya.
v Kalau
hari ini kita menjadi penonton bersabarlah menjadi pemain esok hari.
v Ceroboh
dan tidak bisa menahan emosi adalah sikap yang bisa berakibat fatal.
v Harapan
kosong itu lebih menyakitkan dari pada kenyataan yang pahit sekalipun.
v Setiap
pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah bila dikerjakan tanpa keengganan.
v Jangan
tunda sampai besok apa yang engkau bisa kerjakan hari ini.
PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan ini dipersembahkan kepada :
- Kepala SMK Islam Annur Losari
- Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
- Ayah dan ibu yang telah mendidik dan membesarkan kami.
- Adik-adik kelas kami.
- Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat kepada kami.
DAFTAR ISI
LEMBAR
JUDUL ........................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................ ii
MOTTO
.......................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN
.......................................................................................... iv
DAFTAR
ISI.................................................................................................... v
KATA
PENGANTAR ................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................... 1
1.2 Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL.................................................. 1
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL ................................................... 2
1.4 Metode Pengumpulan data ............................................................ 2
1.5 Sistematika Pembuatan Laporan PKL............................................ 3
BAB
II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ......................................... 4
2.1 Sejarah ............................................................................................ 4
2.2
Kepegawaian ................................................................................. 4
2.3 Jenis Bidang Usaha........................................................................ 4
2.4
Struktur Organisasi......................................................................... 4
BAB
III LAPORAN PENUNJANG.............................................................. 5
3.1 Sistem Pelumasan pada Motor 4
Tak ............................................. 5
3.2 Tujuan Sistem Pelumasan ............................................................... 6
3.3 Prinsip Kerja Sistem Pelumasan...................................................... 6
3.4 Fungsi Pelumasan ........................................................................... 7
3.5 Macam – macam Sistem Pelumasan ............................................... 7
3.6 Cara Pemeriksaan Minyak Pelumas ................................................ 8
BAB
IV PENUTUP ........................................................................................ 9
4.1 Kesimpulan ..................................................................................... 9
4.2 Saran ............................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 10
LAMPIRAN
- LAMPIRAN
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kuasa-Nya. Sehingga dapat
menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan di Roby Jaya Motor Lemah Abang
Tujuan
dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu
syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) di SMK
Islam Annur Losari Tahun Pelajaran 2016/2017. Laporan ini
disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan
di Roby Jaya Motor Lemah Abang
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,
oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Dra.
Romlah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari
2.
Heri
Abdulah, S.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Sepeda Motor SMK Islam Annur Losari
3.
Sodikin,
A.Md selaku guru Pembimbing Sekolah
4.
Muhamad
Mas’ud, S.Pd selaku Ketua Panitia Praktek Kerja lapangan
5.
Kedua orangtua dan saudara saya yang
telah mendukung dan memberikan doa restu
6.
Bapak
Cuswanto beserta karyawannya di Roby Jaya Motor
Lemah Abang
yang telah membantu kami demi
kelancaran dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
7.
Pihak-pihak yang tidak dapat saya
sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang
berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Penulis menyadari bahwa penyusunan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran yang
membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang membuat
pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja
Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Islam Annur Losari.
Losari, Maret 2016
Penyusun,
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja
karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh
karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai
pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata
setelah lulus sekolah.
“Sesuai dengan hasil
pengamatan dan penelitian Direkorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola
penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang
sebagaimana diharapkan.” Hal
tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk
menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional
seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik
bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik
1.2 Maksud, Tujuan
dan Sasaran PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu sistem pembelajaran yang
dilakukan diluar Kegiatan Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada
perusahaan/industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ditujukan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi,
penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan
menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa
melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup
tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan
langsung dengan teknologi.
Dan mempersiapkan para siswa-siswi untuk belajar
bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan
keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan pada SMK bertujuan untuk :
1)
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2)
Memperkokoh Link and Match antara SMK dengan dunia
kerja.
3)
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan PKL
Tujuan dari pembuatan
laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung
jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan
dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil
kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan.
Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara
lain adalah :
• Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan
• Sebagai pertanggung jawaban
atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
• Menambah perbendaharaan
perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
• Sebagai latihan bagi siswa
dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
• Sebagai bukti bahwa siswa
telah melakukan praktek yang telah di lakukan di DUDI (Dunia Usaha/Dunia
Industri).
• Sebagai syarat mengikuti UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN). Untuk mengetahui
perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia usaha/industri
1.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam hal pengumpulan
data-data untuk penyusunan laporan
Praktek Kerja Lapangan ini dipergunakan metode sebagai berikut :
·
Wawancara yaitu dengan cara berdialog
langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pengalaman
yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas
·
Metode Pengajaran yaitu penulisan secara
langsung melaksanakan pekerjaan yang diberikan dan dipelajari tiap bagian pekerjaan
tersebut.
·
Kerja Sama yaitu cara dimana orang
saling memberikan masukan untuk kepentingan bersama.
·
Observasi yaitu memperhatikan karyawan dalam melaksanakan
tugas atau pekerjaan.Berdasarkan metode yang penulis lakukan, sehingga dapat
lebih optimal dalam penyampaian laporan tersebut.
1.5 Sistematika Penulisan Laporan PKL
Penulisan Laporan Praktek
Kerja Lapangan terdiri atas 5 (lima) bab dengan perincian sebagai
berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas Latar
Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, Tujuan Praktek Kerja Industri,
Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan Laporan PKL.
BAB II : GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN
Pada Bab ini membahas
Gambaran Umum Roby Jaya Motor Lemah
Abang dari Kebijakan Perusahaan (Lokasi, Sejarah, Produk Kami, dan Karyawan), Kepegawaian Roby Jaya Motor Lemah Abang , dan Jenis Bidang Usaha.
BAB III : TEORI
PENUNJANG
Pada Bab ini membahas
pengertian Pelumasan Sepeda Motor
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini akan membahas
Kesimpulan dan Saran saat melakukan Praktek Kerja Lapangan.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah DU/DI
Roby Jaya Motor Lemah Abang berdiri tahun 2002 yang bertempat didaerah Lemahabang Tanjung, dilatar belakangi kebutuhan
masyarakat di wilayah Desa Sengon Kecamatan Tanjung sangat membutuhkan
keberadaan bengkel memperbaiki kendaraan yang digunakan masyarakat maka dengan
sigap Bapak Cuswanto menangkap kebutuhan masyarakat sehingga mendirikan bengkel
sepeda motor yang diberi nama Roby Jaya Motor. Seiring dengan perkembangan
otomotif yang semakin maju maka bengkel Bapak Cuswanto semakin maju, semakin tahun semakin besar
sampai sekarang juga masih berjalan. Roby Jaya Motor Lemah Abang yang dipegang oleh Bapak, Cuswanto semakin besar
Dibengel Roby Jaya Motor Lemah Abang menyediakan Spare Part yang lengkap, sparepart yang
komplit dan tempat yang cukup luas serta sangat strategis yang berada di dekat utama yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat
khususnya pemilik sepeda yang selalu mempercayakan servis motor maupun
perbaikan yang lainnya di bengkel Roby Jaya Motor Lemah Abang .
2.2 Kepegawaian
Karyawan di Roby Jaya Motor Lemah Abang terdiri dari tiga
orang laki-laki. Pelaksanaan kerja di Roby Jaya Motor Lemah Abang tidak tetap pada satu bagian, tetapi sesuai dengan
intruksi dari leader proses.
2.3 Jenis bidang usaha
Roby
Jaya Motor Lemah Abang adalah sebuah perusahaan
yang bergerak dibidang jasa dan
penjualan spare part sepeda motor, berbagai macam jenis tetapi roby jaya motor
Lemah Abang juga bias memperbaiki Pompa Air sehingga seluruh masyarakat Lemah Abang mempercayakan
perbaikan ke bengkel Roby Jaya Motor.
2.4 Struktur Organisasi
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak (Langkah)
Sistem pelumasan mesin pada motor 4 langkah (4Tak) hanya menggunakan 1 macam oli untuk melumasi seluruh bagian komponen mesin motor mulai dari komponen ruang bakar, komponen kopling dan komponen Transmisi. Oleh sebab itu di butuhkan oli sesuai dengan spasifikasi khusus untuk motor.
Sistem pelumasan untuk motor berbeda dengan sistem pelumasan mobil meskipun sama - sama menggunakan mesin 4 langkah. Karena pelumasan pada mobil antara ruang bakar,transmisi dibuat berbeda dan koplingnya dibuat sistem kering seperti halnya motor matic.
Pada motor 4 langkah biasanya pelumas di simpan di bak kruk as (crankcase) dan dialirkan ke seluruh komponen motor dengan bantuan pompa oli dan biasanya disebut Wet sump system. Tetapi ada juga motor yang menyediakan bak penampung pelumas secara terpisah di luar mesin motor atau biasa di sebut Dry sump system.
1. WET SUMP SYSTEM
Pelumas dari bak kruk-as dipompa ke ruang penggerak katup untuk melumasi komponen noken-as, temlar (pelatuk), batang klep (katup) dan akhirnya di kembalikan ke ruang kruk-as lewat ruang rantai kamrat. Untuk pelumasan pada bagian silinder dan piston biasanya cuma mengandalkan gayungan atau cipratan kruk-as saja, tetapi untuk motor modern seperti SUZUKI telah menggunakan sistem nosel yang yang menyemprot langsung ke dinding silinder dan pelumas akan di sapu ke bawah oleh ring piston pada saat langkah hisap maupun langkah usaha. Untuk kopling dan transmisi biasanya cuma mengandalkan cipratan pelumas saja pada saat mesin bekerja, tetapi ada juga yang mengambil pelumasan dari pompa oli.
2. DRY SUMP SYSTEM
Pelumas ditampung terpisah dalam tangki oli dan diberikan tekanan pompa oli melalui saluran yang sama dalam sistem wet sump system. Setelah melumasi oli kembali ke raung crankcase dan disalurkan kembali ke tangki oleh pompa. Kopling dan transmisi dilumasi oleh cipratan oli dari pompa ke tangki oli.
3.2 Tujuan system Pelumasan
Pelumas memegang peranan penting dalam desain dan operasi semua mesin otomotif. Umur dan service yang diberikan oleh mobil tergantung pada perhatian yang kita berikan pada pelumasannya. Pada motor bakar, pelumasan bahkan lebih sulit dibanding pada mesin-mesin lainnya, karena di sini terdapat panas terutama di sekitar torak dan silinder, sebagai akibat leadakan dalam ruang pembakaran. Tujuan utama dari pelumasan setiap peralatan mekanis adalah untuk melenyapkan gesekan, keausan dan kehilangan daya. Tujuan lain dari pelumasan pada motor bakar adalah:
1. Menyerap dan memindahkan panas.
2. Sebagai penyekat lubang antara torak dan silinder sehingga tekanan tidak bocor dari ruang pembakaran.
3. Sebagai bantalan untuk meredam suara berisik dari bagian-bagian yang bergerak.
3.3 Prinsip kerja sistem pelumasan:
Oli diangkat
dari bak oli ( carter), oleh suatu sedotan, dari pompa oli yang digerakkan oleh
perputaran roda gerigi yang dikoperlkan dengan perputaran poros engkol, melalui
pipa hisap. Dari pompa oli, disalurkan melalui pipa pembagi,
kemudian dialirkan ke suatu media pendinginan yang berupa pipa penunjang
melingkar satu setengah ( 1 ½ ) lingkar dnegan dinding bersirip untuk
memperluas permukaan pipa sehingga proses pendinginan lebih lancar dari udara
sekitarnya atau berupa radiator oli atau tanpa kedua sistem pendinginan
tersebut, tergantung dari kapasitas diesel.
Dalam hal yang terakhir ini oli hanya disalurkan ke dalam pipa yang cukup
pendek saja ( y pass).
Dari ini kotoran oli yang mungkin terbawa, baik dari luar maupun sirkulasi di dalam mesin sendiri. Sistem Pelumasan pada Rosker Arm dari klep, didapatkan melalui camp shaft, tappel dan push rod langsung menembus baud pengatur jarak rosker arm ( Rocker Arm Bearing) kemudian menetes keluar sejenak ditampung bak per klep ; melalui celah antara push rod dan pipa pelindung push rod, oli mengalir ke bahah menuju ke bak charter. Untuk pelumasan ada metal-metal dan juga dinding-dinding silinder, oli disalurkan melalui pipa kapiler yang terdapat dalam dinding charter ( crank case), juga masuk ke dalam pipa yang sejenis dengan crank case)
3.4 Fungsi Pelumasan
a. Mengurangi gesekan
Mesin sepeda motor terdiri dari beberapa komponen, terdapat komponen yang diam dan ada yang bergerak. Gerakan komponen satu dengan yang lain akan menimbulkan gesekan, dan gesekan akan mengurangi tenaga, menimbulkan keausan, menghasilkan kotoran dan panas. Guna mengurangi gesekan maka antara bagian yang bergesekan dilapisi oli pelumas (oil film).
b. Sebagai peredam
Piston, batang piston dan poros engkol merupakan bagian mesin menerima gaya yang berfluktuasi, sehingga saat menerima gaya tekan yang besar memungkinkan menimbulkan benturan yang keras dan menimbulkan suara berisik. Pelumas berfungsi untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
c. Sebagai anti karat
Sistem pelumas berfungsi untuk melapisi logam dengan oli, sehingga mencegah kontak langsung antar logam dengan udara maupun maupun air dan terbentuknya karat dapat dihindari.
3.5 Macam - macam sistem pelumasan
Seperti telah saya jelaskan dalam postingan sebelumnya disini tentang kegunaan dan fungsi sistem pelumasan, maka sekarang saya akan menjelaskan macam - macam sistem pelumasan . Sistem pelumasan pada kendaraan baik mobil atau sepeda motor dapat kita kelompokkan menjadi 3 macam yaitu :
1. Jenis percik ( splash type)
Pada jenis ini stang seher dilengkapi dengan sendok yang berada pada ujung bagian bawah dari stang seher . Sehingga saat mesin berputar, maka sendok pemercik akan memercikan oli yang di bak oli ke dinding silinder dan bearing. Jenis ini memiliki konstruksi yang sangat sederhana , namun sulit untuk melumasi bagian - bagian yang memiliki celah lebih sempit . Karena itu sistem pelumasan tipe ini sudah tidak lagi digunakan.
2. Jenis tekanan ( pressure feed type )
Pada jenis ini sistem pelumasan menggunakan pompa oli yang berguna untuk mensirkulasikan minyak pelumas. Jenis inilah yang sekarang digunakan pada kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor.
3.6 Cara Pemeriksaan Minyak Pelumas
1. Tempatkan kendaraan ditempat yang rata
2. Apabila kendaraan habis perjalanan/ panas, tunggu 30 menit
3. Apabila kendaraan dalam kondisi dingin hidupkan 1-3 menit kemudian matikan
4. Tarik batang pengukur minyak dan bersihkan dengan kain lap, kemudian masukkan kembali dengan tepat.
5. Tarik kembali batang pengukur kemudian perhatikan :
6. Periksa volume minyak ,harus pada level F dan L pada batang pengukur
7. Periksa Viskositas (kekentalan minyak) dengan jari tangan
8. Periksa perubahan warna minyak mesin
BAB IV
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
( PKL ) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI. Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan
mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki
keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja lapangn adalah :
1. Fasilitas DU/DI sangatlah rapih dan bersih
sehingga memungkinkan para karyawan bekerja dengan
maksimal.
2. Keselamatan kerja sangatlah
di utamakan dalam DU/DI baik sebelum, selama, dan
sesudah bekerja
1.2
Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang sebagian kecil justru tidak kami temukan
saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa
saran antara lain :
· Sekolah haruslah memberi
penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan
teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Praktek Kerja Lapangan dapat
mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
· Pihak sekolah haruslah
lebih sering memonitoring siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan. Sehingga pihak sekolah bisa mengetahui kondisi
siswa tersebut. Demikian laporan Praktek
Kerja Lapangan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para
pembaca, khususnya siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI.
DAFTAR PUSTAKA
2. http://hariripriyanto.blogspot.co.id/2012/06/modul-pembelajaran-sistempelumassepeda
motor.html Tanggal
Unduhan senin, 14 maret 2016
3. https://freeandshared.files.wordpress.com/2015/04/fungsipelumas.pdfTanggal Unduhan senin, 14 maret
2016
4. Referensi dari Buku Pelajaran
LAMPIRAN – LAMPIRAN
IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA
LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
1.
Nama Lengkap : RIKI HIDAYAT
2.
NIS :
14031152
3.
Tempat / Tanggal lahir : Brebes, 26 Juni 1999
4.
Agama :
Islam
5.
Jenis Kelamin : Laki – laki
6.
Program Keahlian : Teknik Otomotif
7.
Alamat Rumah :
a) RT/RW : 001/003
b) Kelurahan
: Desa Karangjunti
c) Kecamatan
: Losari
d) Kabupaten
: Brebes
Losari,
…………………. 2016
Peserta
RIKI HIDAYAT
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA
INDUSTRI
1. Nama
DU / DI : ROBY JAYA MOTOR LEMAH ABANG
2. Jenis
Usaha :
Jasa
3. Alamat
:
Jl. Raya Lemahabang
– Tanjung
4. No.
Telepon :
087764848938
5. Website :
………………………………………
6. Nama
Pimpinan : CUSWANTO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar