Senin, 20 Juni 2016

LAPORAN PRAKERIN ROBY JAYA MOTOR LEMAH ABANG



LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
DI
ROBY JAYA MOTOR LEMAH ABANG

Diajukan untuk memenuhi  salah satu syarat mengikuti
Ujian Nasional/Ujian Sekolah



Disusun Oleh :
RIKI HIDAYAT                          (14031152 )                            
                 


Program Study Keahlian                     : Teknik Otomotif
Bidang Study Keahlian                      : Teknologi dan Rekayasa
Paket Keahlian                                    : Teknik Sepeda Motor




SMK ISLAM ANNUR LOSARI
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 06 Karangjunti
Kec. Losari Kab. Brebes
2016
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Praktek Kerja Lapangan di ROBY JAYA MOTOR LEMAH ABANG  telah disahkan pada
Hari                 : ……………………….
Tanggal           : ……………………….

Oleh
Kaprodi TSM                                                  Pembimbing Sekolah  

    ( Heri Abdulah, S.Pd)                                                 ( Sodikin, A.Md )

Mengetahui,
            Kepala                                                                    Ketua Panitia
 SMK Islam Annur Losari                                          Praktek Kerja lapangan

   (Dra. Romlah, M.Pd)                                           ( Muhamad Mas’ud, S.Pd)








MOTTO
v  Jika ingin menang maka kita harus kuat, jika ingin kuat maka kita harus bersatu dan jika ingin bersatu maka kita harus saling bersilaturahmi.
v  Menunggu kesuksesan adalah tindakan sia – sia yang bodoh.
v  Sejarah bukan hanya rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggaan harta didalamnya.
v  Cara yang terbaik untuk keluar dari suatu persoalan adalah memecahkanya.
v  Kalau hari ini kita menjadi penonton bersabarlah menjadi pemain esok hari.
v  Ceroboh dan tidak bisa menahan emosi adalah sikap yang bisa berakibat fatal.
v  Harapan kosong itu lebih menyakitkan dari pada kenyataan yang pahit sekalipun.
v  Setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah bila dikerjakan tanpa keengganan.
v  Jangan tunda sampai besok apa yang engkau bisa kerjakan hari ini.












PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan  ini dipersembahkan kepada :
  1. Kepala SMK Islam  Annur Losari
  2. Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami.
  3. Ayah dan ibu yang telah mendidik dan membesarkan kami.
  4. Adik-adik kelas kami.
  5. Teman-teman seperjuangan yang telah memberikan semangat kepada kami.























DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL ........................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................ ii
MOTTO .......................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN .......................................................................................... iv
DAFTAR ISI.................................................................................................... v
KATA PENGANTAR ................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1  Latar Belakang ............................................................................... 1
1.2  Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL.................................................. 1
1.3  Tujuan Pembuatan Laporan PKL ................................................... 2
1.4  Metode Pengumpulan data ............................................................ 2
1.5  Sistematika Pembuatan Laporan PKL............................................ 3
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ......................................... 4
2.1 Sejarah ............................................................................................ 4
2.2  Kepegawaian ................................................................................. 4
2.3  Jenis Bidang Usaha........................................................................ 4
2.4  Struktur Organisasi......................................................................... 4
BAB III  LAPORAN PENUNJANG.............................................................. 5
3.1 Sistem Pelumasan pada Motor 4 Tak ............................................. 5
3.2 Tujuan Sistem Pelumasan ............................................................... 6
3.3 Prinsip Kerja Sistem Pelumasan...................................................... 6
3.4 Fungsi Pelumasan ........................................................................... 7
3.5 Macam – macam Sistem Pelumasan ............................................... 7
3.6 Cara Pemeriksaan Minyak Pelumas ................................................ 8
BAB IV PENUTUP ........................................................................................ 9
4.1 Kesimpulan ..................................................................................... 9
4.2 Saran ............................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 10
LAMPIRAN - LAMPIRAN

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kuasa-Nya. Sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan  di Roby Jaya Motor Lemah Abang   
            Tujuan dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) di SMK Islam Annur Losari Tahun Pelajaran 2016/2017. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan  di Roby Jaya Motor Lemah Abang    
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan  ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.          Dra. Romlah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Islam Annur Losari
2.          Heri Abdulah, S.Pd selaku Ketua Program Studi Teknik Sepeda Motor  SMK Islam Annur Losari
3.          Sodikin, A.Md  selaku  guru Pembimbing Sekolah
4.          Muhamad Mas’ud, S.Pd selaku Ketua Panitia Praktek Kerja lapangan
5.          Kedua orangtua dan saudara saya yang telah mendukung dan memberikan doa restu
6.          Bapak Cuswanto beserta karyawannya di Roby Jaya Motor Lemah Abang yang telah membantu kami demi kelancaran dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )
7.          Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas dukungan dan doa restu yang berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang membuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Islam Annur Losari.
Losari,    Maret  2016
                                                                                    Penyusun,



































BAB I

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
“Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direkorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang sebagaimana diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik

1.2 Maksud, Tujuan dan Sasaran PKL
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan diluar Kegiatan Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ditujukan untuk  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi.
 Dan mempersiapkan para siswa-siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan pada SMK bertujuan untuk :
1)             Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
2)             Memperkokoh Link and Match antara SMK dengan dunia kerja.
3)             Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas
1.3  Tujuan Pembuatan Laporan PKL
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan.
 Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :
         Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan
         Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan sekolah kepada para siswa sehubungan  dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
         Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
         Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
         Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang telah di lakukan di DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri).
         Sebagai syarat mengikuti UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN). Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia usaha/industri
1.4  Metode Pengumpulan Data
Dalam hal pengumpulan data-data untuk penyusunan  laporan Praktek Kerja Lapangan  ini dipergunakan metode sebagai berikut :
·         Wawancara yaitu dengan cara berdialog langsung kepada pihak-pihak yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas
·         Metode Pengajaran yaitu penulisan secara langsung melaksanakan pekerjaan yang diberikan dan dipelajari tiap bagian pekerjaan tersebut.
·         Kerja Sama yaitu cara dimana orang saling memberikan masukan untuk kepentingan bersama.
·         Observasi yaitu memperhatikan karyawan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan.Berdasarkan metode yang penulis lakukan, sehingga dapat lebih optimal dalam penyampaian laporan tersebut.

1.5  Sistematika Penulisan Laporan PKL
Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan terdiri atas 5 (lima) bab dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN       
Bab ini akan membahas Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, Tujuan Praktek Kerja Industri, Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan, Metode Pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan Laporan PKL.
BAB II : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada Bab ini membahas Gambaran Umum Roby Jaya Motor Lemah Abang   dari Kebijakan Perusahaan (Lokasi, Sejarah, Produk Kami, dan  Karyawan), Kepegawaian Roby Jaya Motor Lemah Abang   , dan Jenis Bidang Usaha.
BAB III : TEORI PENUNJANG
Pada Bab ini membahas pengertian Pelumasan Sepeda Motor
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini akan membahas Kesimpulan dan Saran saat melakukan Praktek Kerja Lapangan.


















BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1  Sejarah DU/DI
Roby Jaya Motor Lemah Abang   berdiri tahun 2002 yang bertempat didaerah Lemahabang Tanjung, dilatar belakangi kebutuhan masyarakat di wilayah Desa Sengon Kecamatan Tanjung sangat membutuhkan keberadaan bengkel memperbaiki kendaraan yang digunakan masyarakat maka dengan sigap Bapak Cuswanto menangkap kebutuhan masyarakat sehingga mendirikan bengkel sepeda motor yang diberi nama Roby Jaya Motor. Seiring dengan perkembangan otomotif yang semakin maju maka bengkel Bapak Cuswanto semakin maju, semakin tahun semakin besar sampai sekarang juga masih berjalan. Roby Jaya Motor Lemah Abang   yang dipegang oleh Bapak, Cuswanto semakin besar
Dibengel Roby Jaya Motor Lemah Abang menyediakan Spare Part yang lengkap, sparepart yang komplit dan tempat yang cukup luas serta sangat strategis yang berada di dekat utama yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat khususnya pemilik sepeda yang selalu mempercayakan servis motor maupun perbaikan yang lainnya di bengkel Roby Jaya Motor Lemah Abang   . 
2.2 Kepegawaian
Karyawan di Roby Jaya Motor Lemah Abang   terdiri dari tiga  orang laki-laki. Pelaksanaan kerja di Roby Jaya Motor Lemah Abang    tidak tetap pada satu bagian, tetapi sesuai dengan intruksi dari leader proses.
2.3  Jenis bidang usaha
Roby Jaya Motor Lemah Abang  adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan penjualan spare part sepeda motor, berbagai macam jenis tetapi roby jaya motor Lemah Abang juga bias memperbaiki Pompa Air sehingga  seluruh masyarakat Lemah Abang mempercayakan perbaikan ke bengkel Roby Jaya Motor.  
2.4 Struktur Organisasi


 






BAB III
PEMBAHASAN

3.1    Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak (Langkah)

Sistem pelumasan mesin pada motor 4 langkah (4Tak) hanya menggunakan 1 macam oli untuk melumasi seluruh bagian komponen mesin motor mulai dari komponen ruang bakar, komponen kopling dan komponen Transmisi. Oleh sebab itu di butuhkan oli sesuai dengan spasifikasi khusus untuk motor.

Sistem pelumasan untuk motor berbeda dengan sistem pelumasan mobil meskipun sama - sama menggunakan mesin 4 langkah. Karena pelumasan pada mobil antara ruang bakar,transmisi dibuat berbeda dan koplingnya dibuat sistem kering seperti halnya motor matic.

Pada motor 4 langkah biasanya pelumas di simpan di bak kruk as (crankcase) dan dialirkan ke seluruh komponen motor dengan bantuan pompa oli dan biasanya disebut Wet sump system. Tetapi ada juga motor yang menyediakan bak penampung pelumas secara terpisah di luar mesin motor atau biasa di sebut Dry sump system.

1.    WET SUMP SYSTEM

Pelumas dari bak kruk-as dipompa ke ruang penggerak katup untuk melumasi komponen noken-as, temlar (pelatuk), batang klep (katup) dan akhirnya di kembalikan ke ruang kruk-as lewat ruang rantai kamrat. Untuk pelumasan pada bagian silinder dan piston biasanya cuma mengandalkan gayungan atau cipratan kruk-as saja, tetapi untuk motor modern seperti SUZUKI telah menggunakan sistem nosel yang yang menyemprot langsung ke dinding silinder dan pelumas akan di sapu ke bawah oleh ring piston pada saat langkah hisap maupun langkah usaha. Untuk kopling dan transmisi biasanya cuma mengandalkan cipratan pelumas saja pada saat mesin bekerja, tetapi ada juga yang mengambil pelumasan dari pompa oli.

2.    DRY SUMP SYSTEM

Pelumas ditampung terpisah dalam tangki oli dan diberikan tekanan pompa oli melalui saluran yang sama dalam sistem wet sump system. Setelah melumasi oli kembali ke raung crankcase dan disalurkan kembali ke tangki oleh pompa. Kopling dan transmisi dilumasi oleh cipratan oli dari pompa ke tangki oli.

3.2     Tujuan system Pelumasan

Pelumas memegang peranan penting dalam desain dan operasi semua mesin otomotif. Umur dan service yang diberikan oleh mobil tergantung pada perhatian yang kita berikan pada pelumasannya. Pada motor bakar,  pelumasan bahkan lebih sulit dibanding pada mesin-mesin  lainnya, karena di sini terdapat panas terutama di sekitar torak dan silinder, sebagai akibat leadakan dalam ruang pembakaran. Tujuan utama dari pelumasan setiap peralatan mekanis adalah untuk melenyapkan gesekan, keausan dan kehilangan daya. Tujuan lain dari pelumasan pada motor bakar adalah:

1.    Menyerap dan memindahkan panas.

2.    Sebagai penyekat lubang antara torak dan silinder sehingga tekanan tidak bocor      dari ruang pembakaran.

3.    Sebagai bantalan untuk meredam suara berisik dari bagian-bagian yang bergerak.

3.3  Prinsip kerja sistem pelumasan:

Oli diangkat dari bak oli ( carter), oleh suatu sedotan, dari pompa oli yang digerakkan oleh perputaran roda gerigi yang dikoperlkan dengan perputaran poros engkol, melalui pipa hisap. Dari pompa oli, disalurkan melalui pipa pembagi, kemudian dialirkan ke suatu media pendinginan yang berupa pipa penunjang melingkar satu setengah ( 1 ½ ) lingkar dnegan dinding bersirip untuk memperluas permukaan pipa sehingga proses pendinginan lebih lancar dari udara sekitarnya atau berupa radiator oli atau tanpa kedua sistem pendinginan tersebut, tergantung dari kapasitas diesel.
Dalam hal yang terakhir ini oli hanya disalurkan ke dalam pipa yang cukup pendek saja ( y pass).

Dari ini kotoran oli yang mungkin terbawa, baik dari luar maupun sirkulasi di dalam mesin sendiri. Sistem Pelumasan pada Rosker Arm dari klep, didapatkan melalui camp shaft, tappel dan push rod langsung menembus baud pengatur jarak rosker arm ( Rocker Arm Bearing) kemudian menetes keluar sejenak ditampung bak per klep ; melalui celah antara push rod dan pipa pelindung push rod, oli mengalir ke bahah menuju ke bak charter. Untuk pelumasan ada metal-metal dan juga dinding-dinding silinder, oli disalurkan melalui pipa kapiler yang terdapat dalam dinding charter ( crank case), juga masuk ke dalam pipa yang sejenis dengan crank case)

3.4    Fungsi Pelumasan

a.       Mengurangi gesekan

Mesin sepeda motor terdiri dari beberapa komponen, terdapat komponen yang diam dan ada yang bergerak. Gerakan komponen satu dengan yang lain akan menimbulkan gesekan, dan gesekan akan mengurangi tenaga, menimbulkan keausan, menghasilkan kotoran  dan panas. Guna mengurangi gesekan maka antara bagian yang bergesekan dilapisi oli pelumas (oil film).

b.      Sebagai peredam

Piston, batang piston dan  poros engkol merupakan  bagian mesin menerima gaya yang berfluktuasi, sehingga saat menerima gaya tekan yang besar memungkinkan menimbulkan benturan yang keras dan menimbulkan suara berisik. Pelumas berfungsi untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.

c.       Sebagai anti karat

Sistem pelumas berfungsi untuk melapisi logam dengan oli, sehingga mencegah kontak langsung antar logam dengan udara maupun maupun air dan terbentuknya karat dapat dihindari.

3.5    Macam - macam sistem pelumasan

Seperti telah saya jelaskan dalam postingan sebelumnya disini tentang kegunaan dan fungsi sistem pelumasan, maka sekarang saya akan menjelaskan macam - macam sistem pelumasan . Sistem pelumasan pada kendaraan baik mobil atau sepeda motor dapat kita kelompokkan menjadi 3 macam yaitu :

 

1.      Jenis percik ( splash type)

Pada jenis ini stang seher dilengkapi dengan sendok yang berada pada ujung bagian bawah dari stang seher . Sehingga saat  mesin berputar, maka sendok pemercik akan memercikan oli yang di bak oli ke dinding silinder dan bearing. Jenis ini memiliki konstruksi yang sangat sederhana , namun sulit untuk melumasi bagian - bagian yang memiliki celah lebih sempit . Karena itu sistem pelumasan tipe ini sudah tidak lagi digunakan.

2.      Jenis tekanan ( pressure feed type )

Pada jenis ini sistem pelumasan menggunakan pompa oli yang berguna untuk mensirkulasikan minyak pelumas.  Jenis inilah yang sekarang digunakan pada kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor.

3.6    Cara Pemeriksaan Minyak Pelumas

1.         Tempatkan kendaraan ditempat yang rata

2.         Apabila kendaraan habis perjalanan/ panas, tunggu 30 menit

3.         Apabila kendaraan dalam kondisi dingin hidupkan 1-3 menit kemudian matikan

4.         Tarik batang pengukur minyak dan bersihkan dengan kain lap, kemudian masukkan kembali dengan tepat.

5.         Tarik kembali batang pengukur kemudian perhatikan :

6.         Periksa volume minyak ,harus pada level F dan L pada batang pengukur

7.         Periksa Viskositas (kekentalan minyak) dengan jari tangan

8.         Periksa perubahan warna minyak mesin









BAB IV
PENUTUP

1.1         Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI. Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
Adapun kesimpulan mengenai tempat Praktek Kerja lapangn  adalah :
1.      Fasilitas DU/DI sangatlah rapih dan bersih sehingga memungkinkan para  karyawan bekerja dengan maksimal.
2.      Keselamatan kerja sangatlah di utamakan dalam DU/DI baik sebelum, selama, dan sesudah bekerja
1.2         Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL )  yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain :
·      Sekolah haruslah memberi penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Praktek Kerja Lapangan  dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
·      Pihak sekolah haruslah lebih sering memonitoring siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan. Sehingga pihak sekolah bisa mengetahui kondisi siswa tersebut. Demikian laporan Praktek Kerja Lapangan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca, khususnya siswa-siswi SMK ISLAM ANNUR LOSARI.





DAFTAR PUSTAKA
1.    http://www.scribd.com/pdf/sistempelumassepedamotor tanggal Unduhan senin, 14 maret 2016
3.    https://freeandshared.files.wordpress.com/2015/04/fungsipelumas.pdfTanggal Unduhan senin, 14 maret 2016
4.    Referensi dari Buku Pelajaran
















LAMPIRAN – LAMPIRAN
IDENTITAS PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN
SMK ISLAM ANNUR LOSARI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

1.        Nama Lengkap                             : RIKI HIDAYAT  
2.        NIS                                              : 14031152
3.        Tempat / Tanggal lahir                 : Brebes, 26 Juni 1999
4.        Agama                                          : Islam
5.        Jenis Kelamin                               : Laki – laki
6.        Program Keahlian                        : Teknik Otomotif
7.        Alamat Rumah                             :
a)      RT/RW                                   : 001/003
b)      Kelurahan                               : Desa Karangjunti
c)      Kecamatan                             : Losari
d)     Kabupaten                              : Brebes


Losari, …………………. 2016
Peserta


RIKI HIDAYAT



IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI

1.    Nama DU / DI                               : ROBY JAYA MOTOR LEMAH ABANG   
2.    Jenis Usaha                                     : Jasa
3.    Alamat                                            : Jl. Raya Lemahabang – Tanjung  
4.    No. Telepon                                    : 087764848938
5.    Website                                          : ………………………………………
6.    Nama Pimpinan                              : CUSWANTO   















https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1nYHvIZZ7rnlJyKYUKKAGQJ4188ukt90RpNCUi-QeBlbgFwu8eUS34p_v2or3UIwoYdxMvkxtQEO-AcOKRpPplMZKYHZw-NoRDRY-cteQx8fWsV2XxXP6Lfn0GsTAiBRKq5DpvKZCVF1K/s400/oil+system.jpg


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZ3TwcCbAz0AwpVhGqbpuwrNzMr4Kne6oKm0DFh9sW7noD4JqkeSKc-8qUSTzREiQaIb_jhei9d9YB38j25tFn3Vb20V0-fhe-2W4R9A2p8qA3aUhnJIvVBjaRyjH3Qx9VFMpbyWZE0t3b/s400/wet+sump+system.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar